Bakal calon Wagub Banten dari jalur Independen, Yemmelia.*
Bakal calon Wagub Banten dari jalur Independen, Yemmelia.*

Yemmelia: Saya Sudah Ajukan Pensiun Dini dari ASN! BKD Lambat

SERANG, TOPmedia - Bakal calon gubernur Banten dari jalur Independen, Yemmelia mengaku sudah mengajukan surat pengajuan pensiun dini kepada Pemprov Banten melalui Kepala Bidang Mutasi di Badan Kepegawaian Daerah Pemprov Banten.

Ditanya terkait bahwa BKD belum menerima surat pengajuan pengunduran diri dari ASN, Yemmelia mengaku bahwa dirinya sudah jauh-jauh hari mengajukan, tepatnya sebelum dirinya menyerahkan berkas dukungan KTP ke KPUD Banten, sekitar 5 Agustus lalu.

"Saya gak sebecanda itu untuk maju di Pilgub Banten, semua proses awal sudah saya tempuh, sebelum saya menyerahkan berkas dukungan ke KPU, saya udah menyampaikan pengajuan pensiun dini ke Bidang Mutasi, BKD. Karena saya tau untuk menjadi kepala daerah atau wakil, seorang ASN harus mengundurkan diri dari ASN nya," ujar Yemmelia, Kamis (11/08/2016).

Yemmelia mengaku tergugah untuk maju di Pilgub karena keterpanggilannya untuk memperbaiki sistem birokrasi dilingkungan Pemprov Banten dan membawa Banten untuk berubah dan lebih maju.

"Tidak elok kalau sekarang saya berkomentar terkait bagaimana sistem birokrasi yang terjadi. Saya sekarang hanya bisa merasakan karena saya masih di dalamnya, nanti jika saya punya kesempatan memperbaiki, maka akan segera saya lakukan," ungkap Yemmelia melalui pesan WhatsApp nya.

Diketahui, Yemmelia adalah Balon Wakil Gubernur Banten mendampingi Balon Gubernur Dimyati Natakusuma. Pasangan dari jalur Independen ini bahkan sudah melengkapi berkas dukungan sebanyak 700 ribu KTP dan dinyatakan lolos oleh KPU Banten sehingga tinggal tahap verifikasi selanjutnya oleh KPU Banten.

Sementara itu, Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Pemprov Banten Samsir mengaku sudah mendengar bahwa ada ASN Banten, Yemmelia yang maju di bakal calon wakil gubernur. Namun, ia mengaku belum menerima surat resmi pengunduran diri atau pensiun dini dari Yemmelia. “Saya belum terima surat pengunduran dirinya. Mungkin konsultasinya dengan kabid. Ya, memang (mundur) itu kan salah satu syarat sebagaimana yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 mengenai PNS yang mencalonkan diri,” jelasnya.

Kata dia, untuk memastikan pengunduran diri yang bersangkutan harus menyampaikan surat resminya. “Atasan yang bersangkutan kan masih Gubernur Banten Pak Rano, jadi harus menyampaikan pengunduran diri. Suratnya (pengunduran diri) sudah harus masuk ke BKD,” katanya.

Samsir menyarankan kepada yang bersangkutan agar mengajukan pensiun dini. Sebab, ASN ditetapkan sebagai calon maka secara otomatis dianggap berhenti. “Begitu penetapan calon, itu secara otomatis diberhentikan. Jadi, saran saya lebih baik pensiun dini. Kalau diberhentikan, itu tidak dapat uang pensiun. Kalau pensiun dini, itu dapat,” katanya.

Apalagi, lanjut Samsir, yang bersangkutan sudah memenuhi kriteria dan syarat untuk mengajukan pensiun dini. “Kalau pensiun dini, sudah memenuhi syarat karena minimal usianya 50 tahun, dan Bu Yemmelia itu usianya 52 tahun. Kalau sekarang diajukan, September juga sudah keluar. Apalagi, pegawai golongan IVb cukup dengan SK Gubernur. Kalau IVd, itu baru harus presiden,” jelasnya. (TM-1/red)

berita terkait

Komentar