Ilustrasi. (Foto: Net)
Ilustrasi. (Foto: Net)

Wow! Ternyata Ciuman Punya Manfaat Bikin Tubuh Makin Sehat Loh

TOPmedia - Ciuman merupakan sebuah tanda kasih sayang yang sering dilakukan oleh seseorang kepada kekasihnya. Ciuman bisa dilakukan kening, pipi, leher, hingga yang paling sering dilakukan oleh pasangan khususnya yang sudah menikah adalah ciuman di bibir.

Aktivitas ini kerap dilakukan sebagai pintu masuk aktivitas seksual. Bukan hanya itu, ternyata ciuman di bibir memiliki manfaat untuk kesehatan loh! Barangkali setelah Anda mengetahui manfaat ciuman bibir bagi kesehatan ini, hubungan Anda dengan pasangan Anda bisa semakin erat.

Yuk! simak penjelasan selengkapnya mengenai manfaat ciuman bibir bagi kesehatan: 

1. Berciuman meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah penelitian dalam jurnal Medical Hypotheses mengatakan bahwa berciuman dapat meningkatkan kekebalan tubuh seorang wanita dari Cytomegalovirus. Virus CMV ini dapat menyebabkan kebutaan pada bayi dan cacat lahir lainnya selama masa kehamilan. Saat berciuman, Anda dan pasangan bertukar kuman dan virus dari mulut masing-masing. Sebab itulah ciuman meningkatkan kemampuan tubuh membela diri dari virus penyakit.  

2. Berciuman membakar kalori

Sama halnya dengan berolahraga, ternyata ciuman dapat membakar dua hingga enam kalori per menit loh! Sementara ciuman dengan lidah yang menggunakan semua otot di wajah dapat membakar hingga 26 kalori per menit.

3. Ciuman penuh gairah bagus untuk kesehatan mulut Anda

Menurut Mark Burhenne, DDS, pendiri Askthedentist.com dan penulis The 8-Hour Sleep Paradox, menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik terbagi dalam beberapa cara. Salah satunya adalah berciuman. Berciuman menjadi salah satu dari sedikit cara untuk berbagi mikrobiota yang baik menurut Dr. Burhenne.

"Jika microbiome oral Anda tidak begitu beragam atau sehat, menukar air liur dengan pasangan yang memang memiliki microbiome oral yang sehat merupakan trik yang Anda butuhkan untuk meningkatkan kesehatan Anda sendiri," katanya.

4. Berciuman menjaga otot-otot wajah tetap kuat

Perut yang kencang atau paha bebas selulit mungkin menjadi yang pertama dalam daftar kebugaran Anda. Tetapi jangan meremehkan olahraga yang dapat dilakukan dengan mulut Anda ini ya. Para peneliti mengatakan bahwa Anda menggunakan 30 otot saat ciuman yang dapat membantu menjaga pipi Anda agar tetap kencang. Bagus bukan?

5. Membuat Anda rileks

Laporan ilmiah mengatakan bahwa berciuman meningkatkan kadar oksitosin yang merupakan bahan kimia penenang alami tubuh. Oksitosin juga meningkatkan endorfin yang merupakan bahan kimia yang dapat membuat tubuh Anda terasa nyaman. Bertukar ludah juga meningkatkan dopamin yang membantu meningkatkan perasaan romantis. Dengan begitu, kualitas dan kelanggengan hubungan percintaan dengan pasangan akan meningkat.

6. Berciuman membantu Anda memilih pasangan terbaik

Antropolog Helen Fisher menggambarkan ciuman sebagai "alat penilaian pasangan". Sebagian besar korteks ditujukan untuk menerima sensasi dari sekitar bibir, pipi, lidah, dan hidung. Dari 12 syaraf di tengkorak, lima di antaranya mengambil data dari sekitar mulut. Syaraf-syaraf tersebut dirancang untuk memilih perasaan yang paling sensitif, yakni cita rasa, aroma, sentuhan, dan temperatur yang paling rumit.

Sementara itu, peneliti lain mencatat bahwa berciuman adalah cara biologis untuk menentukan siapa pasangan yang secara genetik paling cocok dengan Anda. "Pada saat berciuman, ada mekanisme terprogram yang menilai kesehatan, status reproduksi, dan kompatibilitas genetik," ujar Gordon G. Gallup Jr., profesor psikologi evolusioner di State University of New York, Albany, yang mempelajari kompetisi reproduktif dan biologi atraksi interpersonal. Oleh karena itu, apa yang terjadi selama ciuman pertama benar-benar bisa menjadi penentu kecocokan suatu pasangan.

7. Berciuman dapat mengurangi stres

Tidak ada yang lebih baik dari berciuman setelah hari yang panjang dan melelahkan. Selain melepaskan hormon relaksasi oksitosin, berciuman juga dikaitkan dengan penurunan hormon stres kortisol. Hal ini juga dapat meningkatkan kadar serotonin yang mengarah pada perasaan tenang dan puas.

 

Sumber: Okezone.com

berita terkait

Komentar