Ilustrasi stres. (Foto: Net)
Ilustrasi stres. (Foto: Net)

Waspada, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Cepat Tua

TOPmedia - Di sekitar kita mungkin ada lansia yang masih dapat jalan jauh, tidak pikun, dan masih dapat bermain dengan cucu. Usia memang tidak selalu sejalan dengan penuaan, yang bisa datang cepat dan lambat. Kita tentu penasaran dengan alasan orang-orang seperti mereka yang masih hidup bugar dan sehat.

Tapi, apakah Anda juga penasaran dengan alasan mengapa penuaan bisa terjadi sangat cepat? Berikut ini adalah lima faktor yang mempercepat penuaan, seperti dikutip dari okezone.com.

Kebiasaan tidur yang kacau

Banyak yang bilang orang sukses tidur sedikit. Namun ini tidak membantu menyukseskan Anda dalam menjaga kesehatan dan hidup lebuh awet muda. Tidur adalah komponen penting dalam kehidupan yang sehat, produktif, dan bahagia.

Tidur membantu mengoneksi otak dan mengisi ulang sistem tubuh Anda. Kebiasaan melewatkan waktu tidur meningkatkan risiko peningkatan berat badan, kanker, dan masalah kesehatan lain yang bisa Anda bayangkan. Ini mungkin terdengar berlebihan, tetapi pernyataan ini didukung oleh banyak studi.

Racun

Orang sehat tentu tidak pernah minum racun dengan sengaja, tapi tanpa sadar kita terpapar racun setiap hari. Para ilmuwan telah lama tahu bahwa paparan dengan racun berbahaya seperti merkuri, timbal, dan arsenik dalam jumlah banyak bisa membunuh. Tapi paparan dalam jumlah sedikit juga dapat berakumulasi menjadi hal yang mengancam.

Stres

Stres sesekali baik bagi Anda, tapi stres berkepanjangan memicu pengeluaran hormon adrenalin yang membuat sakit kepala dan sakit hati. Stres juga bisa membuat Anda lebih tua dan memicu banyak masalah.

Kurang gerak

Kemalasan dan kurang gerak adalah salah satu dari hal utama yang mempercepat penuaan. Duduk berjam-jam contohnya membuat otot skeletal di tubuh bagian bawah tidak aktif dan memicu konsekuensi buruk pada metabolisme.

Solusinya? Bangun lebih sering. Berdiri dan lebih banyak bergerak di kantor Anda. Jadwalkan pertemuan sambil berjalan kaki dan coba presentasi sambil bergerak.

Pilihan makanan yang buruk

Kebiasaan makan makanan yang buruk adalah jaminan Anda akan menua lebih cepat dari DNA Anda. Pastikan Anda memilih makanan yang dekat dengan kondisi alaminya daripada yang banyak diproses dan diberi pengawet, gula, dan garam berlebih.

berita terkait

Komentar