Semburan lumpur mirip di Sidoarjo, Jawa Timur, terjadi di Bekasi. (Foto: Net)
Semburan lumpur mirip di Sidoarjo, Jawa Timur, terjadi di Bekasi. (Foto: Net)

Warga Bekasi Digegerkan Semburan Lumpur Mirip Lapindo

BEKASI, TOPmedia - Semburan lumpur mirip di Sidoarjo, Jawa Timur, terjadi di Bekasi, Jawa Barat. Tinggi genangan lumpur itu mencapai 20 cm.

Lumpur menyembur sejak Minggu 7 Agustus 2016. Akibatnya, warga yang tinggal di Desa Segara Makmur, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi heboh.

Diungkapkan Harbiandi, pemilik Toko Sumber Makmur tempat lumpur itu menyembur, menduga peristiwa itu disebabkan proyek pemasangan pipa gas di Desa Segara Makmur, Bekasi.

"Iya ini lumpur sumbernya dari proyek pemasangan pipa gas dengan cara boring. Kemarin (Minggu) malam sehabis ada laporan semburan lumpur masuk, lumpur sudah disedot. Tapi hanya bagian luar saja, di bagian dalam tokonya enggak," kata Harbiandi, Senin (8/8/2016).

Sampai saat ini, lumpur tersebut terus mengucur. Lumpurnya berwarna abu-abu, mirip semen.

Menurut dia, semburan lumpur ini masuk ke toko akibat adanya dinding toko yang retak. Keretakan itu disebabkan pula oleh proses pembangunan pipa gas yang sama.

"Lumpurnya masuk ke toko lewat lubang retakan di dinding, karena proyek itu juga," lanjut Mamat.

Saat ini, penanggung jawab proyek sudah mengerahkan timnya untuk menyedot genangan lumpur yang ada di perumahan tersebut. Penanggung jawab proyek juga akan bertanggung jawab atas kejadian ini.

"Kemarin sih dibilang akan ditindaklanjuti, enggak pasti juga sih katanya akan tanggung jawab juga. Kasih ganti rugi mungkin karena ini kerusakannya lumayan (parah)," ujar Harbiandi.

Sementara diketahui, lebih dari 10 tahun sudah lumpur Lapindo menyembur di Desa Siring, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Namun hingga kini, lumpur itu belum berhenti menyembur.

 

 

 

Sumber: www.liputan6.com

berita terkait

Komentar