Walikota Cilegon, Edi Ariadi. (Foto: TOPmedia)
Walikota Cilegon, Edi Ariadi. (Foto: TOPmedia)

Walikota Cilegon Menolak Pembuangan Sampah Ke Cilowong

CILEGON, TOPmedia - Walikota Cilegon Edi Ariadi menegaskan, pihaknya tidak menyetujui adanya rencana pembuangan sampah dari Kota Cilegon, ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong milik Pemkot Serang.

Menurutnya, lebih baik organisasi perangkat daerah (OPD) terkait memaksimalkan TPSA yang ada di Kota Cilegon.

"Kita optimalkan Bendungan itu kenapa, apakah karena ada asap atau apa fungsinya, lebih baik kita evaluasi untuk mencari kelemahan kita, karena saya juga tidak setuju kalau sampah kita dibuang ke Cilowong," ujar Edi Ariadi, usai sosialisasi penerapan smart card, di Green Hotel, Selasa (15/10/2019).

Jika sampah Kota Cilegon dibuangĀ  ke Cilowong, Edi menilai, hal tersebut menjadi bukti bahwa Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon gagal, dan Dinas Kesehatan pengasapannya kurang, serta anggota pemulung yang ada di TPSA Bagendung kurang terorganisir. Oleh karenanya, harus ada evaluasi beberapa hal.

"Kita lihat luasan TPSA, dan cara penumpukannya gimana, serta peristiwa beberapa waktu lalu kebakaran, sekarang kita cari cara bagaimana mengendalikannya. Serta, bagaimana kita mengoptimalkan TPS sementara,"tuturnya.

Edi menambahkan, pihaknya berharap TPS sementara yang tersebar di sejumlah wilayah di Kota Cilegon, berupa kontainer bisa efektif, sehingga sampah tidak langsung dibuang ke TPSA.(Ik/Red)

berita terkait

Komentar