Wali Kota Serang, Syafrudin saat diwawancara wartawan, Sabtu (17/10/2020).
Wali Kota Serang, Syafrudin saat diwawancara wartawan, Sabtu (17/10/2020).

Wali Kota Serang Akan Prioritaskan Pemberian Vaksin Covid-19 Untuk Tenaga Medis

SERANG, TOPmedia - Pemerintah pusat berencana menyiapkan vaksin covid-19 dan direncanakan akan tiba bulan November 2020.Menanggapi itu, Wali Kota Serang mengaku akan mendahulukan pemberian vaksin untuk tenaga medis, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri.
 
"Pemberian vaksin dari pusat kan baru wacana belum ada kepastian, kalaupun ada memang harus benar - benar diteliti khasiatnya jangan sampai kita vaksin tapi salah langkah," kata Wali Kota Serang, Syafrudin kepada wartawan di Kota Serang, Sabtu (17/10/2020).
 
"Mudah - mudahan dari Kemenkes sudah ada legalitas bahwa vaksin bener - bener untuk mencegah atau mengobati covid-19. Untuk tenaga medis dulu, kemudian PNS, TNI, Polri itu kita utamakan. Mudah - mudahan dengan ada vaksin kita masyarakat menjadi sehat, semua masyarakat tidak harus takut lagi adanya corona," sambung Syafrudin.
 
Terpisah, Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Hikmat Sumantri mengungkapkan kepada topmedia.co.id terkait dengan rencana pemerintah pusat untuk menyediakan vaksin, kata dia, pihaknya baru akan melakukan sosialisasi.
 
Hikmat menjelaskan bahwa saat ini, pihaknya masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait teknis pelaksanaan vaksin.
 
"Untuk persiapan selanjutnya kita menunggu surat edaran atau pemberitahuan dari pusat ataupun pemerintah provinsi. Juga dengan pedoman atau petunjuk teknis pelaksanaan," ungkapnya.
 
Kemungkinan penggunaan vaksin, dikatakan Hikmat, akan diprioritaskan terlebih dahulu untuk tenaga medis sebagai garda terdepan penangan covid-19. 
 
"Mungkin sesuai arahan dari pusat diperkirakan begitu, di utamakan untuk tenaga medis. Baiknya kita tunggu arahan dari pusat (Kemenkes)," tandasnya.(Adi/Red)
 

berita terkait

Komentar