Foto ilustrasi. (Foto: Net)
Foto ilustrasi. (Foto: Net)

Wajib Tahu! 5 Dampak Buruk Malas-malasan di Akhir Pekan

TOPmedia - Akhir pekan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Sebab Anda terbebas dari aktivitas harian yang terkadang menjemukan. Anda bebas bermalas-malasan melakukan aktivitas atau hobi yang Anda sukai. Itulah sebabnya akhir pekan adalah saat yang dinantikan.

Namun siapa sangka bahwa ternyata bermalas-malasan di akhir pekan mampu menimbulkan serangkaian penyakit berbahaya? Berikut adalah beberapa penyakit yang kemungkinan akan menjangkiti Anda di akhir pekan, seperti dikutip dari merdeka.com:

Sembelit
Kebanyakan aktivitas yang Anda lakukan di akhir pekan adalah duduk sepanjang hari di sofa favorit sambil menonton DVD atau TV. Nyatanya, aktivitas diam ini mampu membuat Anda mengalami sembelit. "Dalam hari yang sibuk, Anda pasti akan melakukan banyak aktivitas fisik yang tinggi. Entah itu berjalan untuk membeli makan siang atau berjalan menuju halte bis. Namun di akhir pekan, aktivitas fisik Anda akan menurun. Dan hal ini bisa mempengaruhi aktivias usus pula," jelas Alistair Forbes, profesor gastroenterologi, nutrisi dan obat-obatan di Norwich Medical School. Untuk itulah dia menyarankan agar Anda tetap menjalankan pola makan sehat dengan mengonsumsi banyak sayur untuk menjaga pergerakan usus dan terhindar dari sembelit.

Migrain
Migrain dan sakit kepala yang Anda alami setiap hari ternyata juga bisa Anda dapatkan di akhir pekan. Hal ini terjadi sebab Anda memiliki perubahan jam makan dan jam tidur. Anda yang terbiasa mempunyai pola makan dan waktu tidur yang teratur tentu saja terkadang memilih untuk bermalas-malasan di akhir pekan. Hasilnya ritme tubuh Anda akan kaget dan bisa menyebabkan sakit kepala.

"Ada suatu bagian di otak yang disebut dengan hipotalamus. Bagian ini sangat sensitif terhadap perubahan ritme tubuh. Sehingga Anda pun bisa pusing," ujar Dr Andy Dowson, direktur layanan sakit kepala di Rumah Sakit King College, London.

Naiknya asam lambung
Duduk di sofa selama berjam-jam selain menimbulkan sembelit juga mampu membuat asam lambung Anda naik. Sebab Anda memberikan tekanan pada perut dan memaksa asam lambung naik hingga ke tenggorokan. Selain karena kebiasaan tersebut, naiknya asam lambung juga dipicu oleh jadwal makan yang tidak teratur.

"Saat di akhir pekan, tak jarang Anda memanjakan tubuh dengan mengonsumsi makanan kaya akan lemak dan minyak. Kedua zat makanan ini mampu merangsang naiknya produksi asam lambung yang berujung dengan sakit maag dan kembung," tambah Steven Mann, seorang konsultan gastroenterologist di Royal Free London Trust.

Rentan sakit
Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa 1 di antara 30 orang rentan sakit saat liburan. Anehnya mereka terkadang menjadi sering pusing. Satu teori yang mendasari hal ini adalah saat Anda sedang bekerja, maka tubuh Anda memproduksi adrenalin yang membantu menangkal infeksi untuk membuat Anda tetap produktif. Namun saat berlibur, produksi adrenalin akan berkurang yang berujung dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh. "Hasilnya Anda mungkin akan lebih mudah sakit saat liburan," jelas Dr Matthew Buckland, konsultan imunologi di Barts Health, London.

Makan sembarang makanan
Saat akhir pekan bagi Anda merupakan saat yang tepat untuk memanjakan diri. Anda pun mulai berpikir untuk mengonsumsi makanan enak yang biasanya jauh dari kata sehat. Untuk sejenak maka Anda melupakan diet. Dan kebiasaan ini pun dibarengi dengan jarangnya berolahraga. Hasilnya bisa ditebak timbunan lemak akan mulai datang dan tentu saja risiko penyakit kronis akan datang.

Memang akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk bermalas-malasan. Namun jangan sampai Anda tidak mempunyai kontrol diri yang baik dan berujung pada menurunnya kesehatan tubuh Anda. Jadi saelalu jaga kesehatan tubuh di mana pun dan kapan pun.

 

berita terkait

Komentar