Kapolres Serang Kota, AKBP Yunus Hadith Pranoto
Kapolres Serang Kota, AKBP Yunus Hadith Pranoto

Wah! Buntut Kerumunan Turnamen Tarkam, Kapolsek Walantaka Diganti

SERANG, TOPmedia - Polda Banten nampak tidak main-main dengan aturan yang sudah disampaikan Presiden Jokowi dalam hal peraturan penggunaan 3M pada kegiatan yang melibatkan keramaian. Kapolsek Walantaka diganti oleh AKP Sudibyo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolsek Serang.
 
Pergantian Kapolsek Walantaka itu merupakan buntut dari terjadinya  kerumunan massa dalam turnamen sepak bola bertajuk Kerbau Cup di lapangan Glora Graha Cibogo, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, pada Rabu (2/12/2020) lalu.
 
Kapolres Serang Kota, AKBP Yunus Hadith Pranoto mengatakan pencopotan dan pelantikan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Walantaka, sepenuhnya menjadi kewenangan dan kebijakan dari pimpinan Polda Banten.
 
"Kebijakan dari pimpinan, kita hanya melaksanakan tugas ini terjadi pada siapa saja, mungkin ada pertimbangan karena keputusan kewenangan dari Polda mungkin ada evaluasi kinerja untuk personil kita," katanya kepada wartawan di Polres Serang Kota, Jum'at (4/12/2020).
 
Sementara itu, AKP Sudibyo yang saat ini menjabat Kapolsek Walantaka mengungkapkan untuk menindaklanjuti kerumunan tersebut bukan hanya wewenangan pihak kepolisian saja, tapi juga menjadi tugas satgas dan yang lainnya.
 
"Jadi untuk kejadian kerumunan semua adalah kendali satgas, polisi termasuk di dalamnya tapi juga ada unsur-unsur pemerintah kota dan Dandim," ungkapnya.
 
Menurut Sudinyo, hal tersebut menjadi pembelajaran dan menjadi bahan evaluasi kepolisian, serta dirinya berharap kepada masyarakat untuk dapat mengutamakan protokol kesehatan.
 
"Ini menjadi pembelajaran bagi kita, jadi bahan evaluasi bagi kita, ini kita harapkan ini tidak terjadi di Serang Kota, tetap dimasa pandemi ini tetap mengutamakan protokol kesehatan untuk melaksanakan kegiatan imbauan dan upaya pendisiplinan masyarakat untuk semakin disiplin sehingga dapat mencegah penyebaran covid di Kota Serang," tandasnya.
 
Sebelumnya ribuan orang berkerumun menonton pertandingan sepakbola antar kampung (Tarkam) di lapangan Gelora Graha Cibogo Nyapah, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Banten pada Rabu (2/12/2020) lalu. (Adi/Red)
 

berita terkait

Komentar