Foto Diduga Limbah Clinker Pabrik Semen Merah Putih dibuang ke Laut.
Foto Diduga Limbah Clinker Pabrik Semen Merah Putih dibuang ke Laut.

Waduh! Pabrik Semen Merah Putih Buang Limbah Clinker ke Laut

BAYAH,TOPmedia – Perusahaan Semen Merah Putih diduga membuang limbah clinker ke laut, informasi tersebut diperoleh TOPmedia dari warga Kecamatan Bayah yang mengkirimkan foto ke email redaksi. Dari beberapa foto yang dikirim oleh sumber, terlihat sebuah kapal tongkang sedang membuang clinker (bahan baku utama semen) ke laut di sekitar dermaga, dengan menggunakan eksavator.

Belum diketahui kapan aktivitas itu dilakukan. Namun dari informasi yang didapat, clinker yang dibuang ke laut merupakan limbah clinker yang sudah tidak bisa diolah menjadi semen atau bisa disebut limbah.

Menanggapi hal itu, aktivis dari Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup (MPLH) Godong Sewu Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, meminta agar pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Perhubungan melalui Direktorat jendral (Ditjen) perhubungan laut dan KUPP Labuan, mengevaluasi ulang izin operasional dermaga milik perusahaan Semen Merah Putih itu.

Dikatakan Budi Supriyadi selaku Sekretaris DPD MPLH Kabupaten Lebak, jika terus berlanjut, aktivitas pembuangan material clinker ke laut, dikhawatirkan akan merusak ekosistem laut yang ada di perairan Bayah. Sebab kata Budi, clinker merupakan bahan baku semen yang telah mengandung bahan campuran senyawa kimia.

"Kondisi tersebut sangat kontradiksi dengan tata kelola terminal khusus dan peraturan perundangan-undangan, dimana akibat dari tindakan itu akan menimbulkan pencemaran air laut permukaan dan bahkan menimbulkan kerusakan tatanan ekosistem laut," terang Budi, Rabu (20/7/2016). Sejatinya lanjut Budi, perusahan pabrik semen merah putih harus menyiapkan fasilitas umum atas kemungkinan pencemaran dan atau dampak dari pembangunan dan pengoperasian terminal khusus dan dermaga.(agus/red)

berita terkait

Komentar