Hasil karya teman-teman mahasiswa Uniba Serang, seusai KKM Di Desa Gembor Udik
Hasil karya teman-teman mahasiswa Uniba Serang, seusai KKM Di Desa Gembor Udik

Usai KKM, Mahasiswa Uniba Serang Bangunkan Palang Nama Kampung Di Desa Gembor

SERANG, TOPmedia - Mahasiswa Universitas Bina Bangsa (Uniba) Serang membangunkan Palang Nama Kampung (KP) Di Desa Gembor Udik, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang.

Pembangunan palang nama itupun, dalam rangka menyelesaikan tugas kuliah yang dinamakan Kuliah kerja mahasiswa (KKM).

Ketua KKM Kelompok 51, Uniba Serang, Nurholis Afandi mengatakan, bahwasanya mendapatkan tugas kampus untuk KKM di Desa Gembor. Saat tiba dilokasi, Nurholis mengakui, letaknya tidak jauh dari pintu tol, tetapi masih banyak daerah-daerah yang belum diketahui oleh masyarakat luar desa.

Sebab itu, kata Nurholis, dirinya bersama teman-teman KKM Kelompok 51 berinisiatif membuat Palang Nama Kampung.

"Saya melihat, ketika berkunjung atau hendak mencari alamat rumah yang berada di Desa Gembor Udik tersebut tidak adanya papan nama jalan. Sehingga kita pun kebingungan. Apalagi plang jalan sangatlah penting, makanya kita bangunkan papan nama jalan sebagai wujud penyelesaian tugas KKM," ungkap Nurholis saat ditemui di kampus Uniba Serang, Kamis(2/9/2021).

Nurholis berharap, semoga saja apa yang sudah dilakukan oleh dirinya bersama teman-teman KKM Kelompok 51 dapat membantu warga luar desa menemukan alamat kampung maupun jalan.

"Mudah-mudahan dengan adanya program ini, bisa membantu warga luar desa untuk mencari alamat di Desa Gembor Udik," jelasnya.

Ditempat sama, Koordinator Bidang Pemerintahan Desa Gembor Udik, Ayu Zami mengapresiasi, atas apa yang telah dilakukan oleh para teman-teman mahasiswa Uniba Serang.

Mereka, kata Ayu Zami, sedang melakukan KKM dengan nama kelompok 51. Dengan berinisiatif, para teman-teman mahasiswa Uniba memasang papan nama jalan sebagai salah satu bentuk program kerjanya.

Tidak sampai disitu, sambungnya, dalam proses pembuatan plang nama jalan serta bahan yang digunakan untuk membuat plang nama jalan tersebut. Para Mahasiswa KKM 51 menggunakan material berupa besi dengan dilapisi cat berwarna hitam, agar lebih awet serta pada tiang dicor supaya lebih kuat dan tahan lama. 

"Dalam pembuatanya pun, saya ikutserta menemani. Dengan memakan waktu 3 minggu, karena terbentur Covid-19. Tetapi selesai juga dikerjakan, secara bertahap," jelasnya.

Diakhir wawancara, Ayu Azmi mengucapkan, terimakasih kepada teman-teman mahasiswa KKM Kelompok 51. 

"Semoga saja dapat bermanfaat, dan membuat masyarakat yang berasal dari luar desa Gembor Udik tidak lagi merasa kesulitan dalam mencari alamat warga di Desa Gembor Udik," pungkasnya seraya mengakhiri wawancara.

Diketahui, para mahasiswa Uniba Serang melakukan KKM di Desa Gembor udik selama 3 minggu. Sejak tanggal 14 Juli 2021 sampai dengan tanggal 29 Agustus 2021. (Feby/Red).

berita terkait

Komentar