Kereta gantung yang disebut dengan Schwebebahn Wuppertaler di Jerman. (Foto: Net)
Kereta gantung yang disebut dengan Schwebebahn Wuppertaler di Jerman. (Foto: Net)

Unik, Rel Kereta Api di Jerman Ini Adanya di Atas

TOPmedia - Jerman, pernah ke Jerman? Negara ini termasuk negara yang memiliki pelayanan transportasi umum yang ramah dan menyenangkan. Konon, supir transportasi umum di Jerman sering kali menemani penumpangnya hingga mendapatkan taxi di malam hari. Jerman, juga punya transportasi yang unik tepatnya di Wuppertal, sebuah kota kecil di negara tersebut.

Wuppertal punya kereta gantung yang disebut dengan Schwebebahn Wuppertaler. Berbeda dengan kereta gantung yang biasa kita temukan di taman-taman bermain, di kota ini, Schwebebahn Wuppertaler merupakan kereta gantung massal yang digunakan layaknya kereta api atau subway pada umumnya.

Schwebebahn Wuppertaler memiliki gerbong yang lebih sedikit dari kereta api. Ia melaju bukan di atas rel, melainkan di bawah rel alias menggantung. Kereta ini mulai beroperasi sejak tahun 1900 dan termasuk ke dalam kereta gantung tertua di dunia.

Mengapa Wuppertal memiliki Schwebebahn Wuppertaler ini? Ternyata ada alasannya. Wuppertal merupakan sebuah kota kecil yang dikelilingi bukit, sawah, sungai, dan juga kondisi tanahnya yang berair. Ini menyebabkan sulitnya pembangunan transportasi massal seperti kereta bawah tanah yang biasa ditemukan di kota-kota di Eropa lainnya. selain itu, jalan-jalan di kota ini juga sempit, berkelok, dan tidak datar.

Ada satu kereta yang unik, yaitu Kaiser Wagen atau Kereta Kaisar yang masih beroperasi dari awal kereta gantung ini diresmikan hingga saat ini. Kereta tua ini masih berbentuk sangat klasik dan kuno. Kereta ini adalah kereta yang digunakan oleh William II, kaisar Jerman pada tahun 1900. Kereta ini memiliki cirri khusus lain selain bentuknya yang kuno, yaitu suaranya yang berbeda, belum halus seperti kereta modern lainnya.

Schwebebahn Wuppertaler memiliki kecepatan 60 km per jam dengan pemandangan alam yang didominasi sungai dan bukit. Jadi, berkeliling kota Wuppertaler dengan kereta ini tentu menyenangkan.
 

 

 

Sumber: www.lovelytoday.com

berita terkait

Komentar