Piala AFF Suzuki Cup. (Foto: Net)
Piala AFF Suzuki Cup. (Foto: Net)

Undian Piala AFF Digelar, Indonesia Langsung ke Putaran Final

TOPmedia.- Pengundian grup AFF Suzuki Cup 2016 akan dilakukan 2 Agustus 2016 di Yangon, Myanmar. Indonesia dipastikan akan langsung tampil di putaran final yang akan berlangsung 19 November-17 Desember 2016 mendatang.

Dalam pengundian, Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) menyatakan, delapan negara yang tampil langsung di putaran final akan dibagi ke dalam empat pot untuk menentukan grup dalam babak penyisihan.

Pot pertama akan diisi tuan rumah, Myanmar, dan Filipina. Lalu pot kedua akan ada Thailand dan Malaysia. Di pot ketiga ada Singapura dan Vietnam, dan di pot terakhir akan mempertemukan Indonesia dengan juara fase kualifikasi.

Babak kualifikasi akan dilangsungkan di Laos, tepatnya di Phnom Penh Olympic Stadium, 13-22 Oktober 2016 dan akan diikuti Brunei Darussalam, Kamboja, Timor Leste, dan Laos dengan format setengah kompetisi.

Nantinya, dari empat pot itu akan diundi untuk kemudian dibagi ke dalam dua grup. Grup A dengan tuan rumah Myanmar dan Grup B dengan tuan rumah Filipina.

Laga penyisihan Grup A akan dimulai 19 November 2016 sementara laga penyisihan Grup B dimulai 20 November 2016.

"Untuk penyisihan Grup A akan dimainkan di Stadion Thuwunna dan Stadon Aung San di Yangon sedangkan untuk penyisihan Grup B akan dilakukan di Stadion Bocaue dan Stadion Rizal Memorial, Manila." Demikian disampaikan AFF melalui laman resminya.

Dua tim teratas dari masing-masing grup tersebut nantinya berhak lolos ke babak semifinal yang akan dimainkan dengan sistem kandang-tandang.

Jika sesuai jadwal, leg pertama semifinal akan dihelat 3 dan 4 Desember sedangkan leg kedua akan berlangsung 7 dan 8 Desember 2016. Dua tim pemenang babak "4 Besar" ini nantinya akan bertemu di final.

Sama halnya dengan partai semifinal, di partai puncak nanti, format pertandingan juga berlaku dengan sistem kandang-tandang. Leg pertama final digelar 14 Desember dan leg kedua akan dimainkan berselang tiga hari kemudian, pada 17 Desember 2016.

berita terkait

Komentar