Walikota Serang, Syafrudin saat membuka Job Fair Kota Serang 2019 di Alun-alun Barat, Kota Serang. (Foto: TOPmedia)
Walikota Serang, Syafrudin saat membuka Job Fair Kota Serang 2019 di Alun-alun Barat, Kota Serang. (Foto: TOPmedia)

Tuntaskan Pengangguran, Job Fair Kota Serang Sediakan 7.500 Lowongan Pekerjaan

SERANG, TOPmedia - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menggelar Job Fair 2019 atau bisa dibilang lowongan pekerjaan yang dibuka secara dadakan dengan peluang sebesar-sebesarnya dalam mendapatkan pekerjaan. Menjadi perhatian seluruh masyarakat di Banten, karena sebanyak 30 Ribu Pencari Kerja (Pencaker) mulai memenuhi lokasi Job Fair Kota Serang, di Alun-alun Barat, semenjak pukul 06:00 WIB.

Job Fair tersebut yang di leading sektorkan kepada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Serang, telah menyiapkan sebanyak 7.500 orang untuk mendapatkan pekerjaan.

"Setidaknnya 50 persen pengangguran di Kota Serang bisa berkurang dan ini adalah bentuk upaya dari kami untuk mengurangi pengangguran yang ada di Kota Serang," ungkap Ahmad Benbela, seusai pembukaan Job Fair Kota Serang, Selasa (23/7/2019).

Ahmad Benbela juga mengaku, Job Fair tersebut adalah rangkaian dalam menyambut hari jadi Kota Serang yang ke-12, dengan berhasil mengentaskan sebagian persen pengangguran yang ada di Ibu Kota Provinsi Banten.

"Maka itu, kita berharap dari 37 Perusahaan yang hadir dalam Job Fair Kota Serang bisa membantu para Pencaker mendapatkan pekerjaan," ungkapnya.

Di tempat sama, Walikota Serang, Syafrudin menambahkan, Job Fair Kota Serang adalah pertemuan langsung antara Pencaker dengan Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, dan bisa menyerap tenaga kerja sebanyak-sebanyaknya. "Harapan kami perusahaan yang hadir di Job Fair Kota Serang, bisa menemukan pegawai keinginannya. Bahkan bisa menjadi pegawai tetap di perusahaanya," katanya.

Lanjut Syafrudin, Job Fair Kota Serang juga memberikan kesempatan kepada anak-anak muda yang belum mendapatkan pekerjaan, karena Iklim sosial dan budaya dapat menjadikan masyarakat di Ibu Kota Banten bisa hidup layak serta sejahtera.

"Oleh karenanya, kita jangan hanya mengandalkan pekerjaan dari perusahaan. Tetapi bisa mengoptimalkan Industri Kreatif dan UMKM, supaya bisa hidup mandiri serta menciptakan lapangan pekerjaan," jelasnya.

Sementara itu, salah satu Pencaker Asal Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Serang, Rangga Maulana mengaku senang dengan adanya Job Fair Kota Serang, karena dirinna telah menganggur selama 1 tahun. "Selain saya bisa melamar kerja, Administrasinya pun rapih. Bahkan tidak ribet, karena melalui online," ujarnya.

Tak sampai disitu, pujian pun kembali datang dari warga Asal Kragilan, Devi Pujiastuti yang senang dengan pelayanan dari panitia Job Fair. "Saya datang Pukul 07:00 WIB mas, dan langsung kebagian nomor antrian ke 8. Itu mah yang ngantri karena mereka datangnnya kesiangan. Seharusnnya kalau memang niat ingin bekerja, datang lebih pagi," ungkapnya dengan harapan bisa diterima masuk kerja di PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart).

Seperti diketahui, dalam pelaksanaan Job Fair Kota Serang 2019 tersedia lowongan kerja sebanyak 7.500 orang. Dengan dibagi menjadi dua. 50 persen untuk Pencaker Kota Serang, dan 50 Persen Pencaker Luar Kota Serang. (ADV)

berita terkait

Komentar