Transit Elevated Bus (TEB) buatan Tiongkok. (Foto: Net)
Transit Elevated Bus (TEB) buatan Tiongkok. (Foto: Net)

Tiongkok Punya Bus Super "Ajaib" Anti Macet, Indonesia Kapan?

TOPmedia - Tiongkok kini memiliki transportasi massal baru yang anti macet dan bebas polusi. Kendaraan ini berupa bus tingkat super besar yang "ajaib" karena bisa melewati mobil-mobil di bawahnya.

Transit Elevated Bus (TEB) baru saja diluncurkan di Qinhuangdao, Tiongkok pada 2 Agustus lalu. TEB merupakan bus pertama di dunia yang mengusung konsep melayang untuk mengurai kemacetan lalu lintas.

TEB yang dibuat di Tiongkok sepenuhnya menggunakan listrik dan berjalan di atas rel khusus. Bus keren ini didesain agar dapat melewati dua buah mobil sekaligus. Tak heran jika memiliki panjang 22 meter, lebar 7,8 meter dan tinggi 4,8 meter.

Tak hanya canggih, TEB juga memiliki interior yang keren di dalamnya. Satu buah unit bisa menampung 300 orang dan mampu menggantikan 40 bus biasa. Lalu kapan Indonesia memiliki transportasi canggih ini?

Ternyata bus ini memang sudah dilirik oleh beberapa negara, termasuk Indonesia. Pasalnya bus yang memiliki kecepatan hingga 64 kilometer per jam ini terbilang lebih murah. Meski memiliki fungsi hampir sama, biaya pembangunan TEB hanya seperlima dari kereta bawah tanah.

 

 

 

Sumber: www.wowkeren.com

berita terkait

Komentar

pCloud Premium