Kordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga, Dan Kehumasan Panwaslu Kota Serang, Rudi Hartono. (Foto:TOPmedia)
Kordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga, Dan Kehumasan Panwaslu Kota Serang, Rudi Hartono. (Foto:TOPmedia)

Tidak Ada di SIAK Disdukcapil, WNA Asal Mesir Malah Masuk DPT Kota Serang

SERANG, TOPmedia - Dari sembilan Warga Negara Asing (WNA) yang terdata di Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Disdukcapil kota serang, terdapat satu orang  yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di tahun ini.

Hal tersebut dikatakan Kordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga, Dan Kehumasan Panwaslu Kota Serang, Rudi Hartono, kalau yang sembilan WNA tersebut memang ada di data SIAK kependudukan, namun tidak ada di DPT. Kendati demikian, ada satu orang WNA berkewargaan negara mesir, tidak ada di data kependudukan, namun ada di data DPT.

"Ya, ditahun ini baru terjadi, kalau mereka yang sembilan itu memang ada di data disduk, dan tidak ada di data DPT, namun yang satu orang itu ada di data DPT namun  tidak ada di data disduk," katanya saat ditemui di Gor Maulana Yusuf Kota Serang, Minggu, 10/03/2019.

Seharusnya, terang Rudi, dalam aturan, WNA itu tidak memiliki hak pilih, yang mempunyain hak pilih itu hanya WNI, Di DPT itu harusnya tidak ada WNA.

"Terkait temuan itu, kita sudah merekomendasikan ke KPU Kota Serang, dan harus mencoret itu, mengeluarkan itu, karna WNA tidak mempunyai hak pilih." terangnya.

Kelalaian ini, lanjut Rudi, jika dilihat dari kondisinya, ini merupakan kelalaian dari petugas coklit di lapangan ketika melakukan pendataan.

"Karna WNA ini, di siak nya tidak ada,namun di DPT nya ada, ada kelalaian, mungkin karna kebetulan banyak yang di data dan memang karna WNA ini suaminya orang sini, yang tinggal di wilayah sumur pecung kota serang." tandasnya. (Tb/Red)

berita terkait

Komentar