*Ilustrasi Penambangan Pasir (foto:Net)
*Ilustrasi Penambangan Pasir (foto:Net)

Terungkap! 65 Tambang Pasir di Wilayah Hukum Polres Cilegon Tak Berizin

CILEGON, TOPmedia - Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibhisana mengungkapkan puluhan tambang pasir di Wilayah Hukum Polres Cilegon tak berijin. Dan, 5 diantaranya sudah di proses hukum.

"Sampai saat ini di wilayah hukum Polres Cilegon ada sekitar 65 lebih tambang tak berizin. Dimana, diantaranya 5 pemilik tambang saat ini telah proses hukum dan telah ditetapkan sebagai tersangka," kata AKBP Yudhis, usai pembukaan food court di Mapolres Cilegon, Selasa (21/1/2020).

Kapolres menjelaskan, dari 5 tambang itu, empat tambang pasir dan satu tambang batu yang berlokasi di Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang. Selain mengamankan pemilik tambang pihaknya juga mengamankan beberapa pegawai tambang yang bertugas di lapangan.

"Kenapa diamankan? karena tanpa adanya petugas yang bekerja di lapangan, maka tidak ada yang namanya tambang pasir," ujarnya.

Terkait kasus penambangan ilegal tersebut, lanjut Kapolres, tiga berkas perkara tambang sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cilegon, dan dua berkas masih di proses Polres Cilegon yang saat ini masih menunggu berkas dinyatakan lengkap (P21).

Kapolres menambahkan, rata-rata tambang di wilayah hukum Polres Cilegon memamg  tidak berizin dan ada juga yang masih dalam proses perizinan. Untuk itu, pihaknya telah koordinasi dengan Pemkot Cilegon terkait penanganan hal tersebut.

"kami sudah menanyakan kepada Pemkot Cilegon, dan mereka mengaku tidak pernah memberikan izin terkait pertambangan tersebut "  (Ikawati/Red).

berita terkait

Komentar