Warga saat membersihkan debu hitam yang berasal dari pabrik gula PT Sentra Usahatama Jaya (SUJ). (Dok TOPmedia)
Warga saat membersihkan debu hitam yang berasal dari pabrik gula PT Sentra Usahatama Jaya (SUJ). (Dok TOPmedia)

Terkait Protes Warga Adanya Debu PT SUJ, DPRD Kota Cilegon Bakal Datangi Perusahaan

CILEGON, TOPmedia - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon akan segera menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke PT Sentra Usahatama Jaya (SUJ). Hal tersebut sebagai tindak lanjut atas protes warga Lijajar, Kelurahan Tegalratu, Kecamatan Ciwandan, karena  debu hitam yang mencemari dan mengganggu pernapasan mereka.

Ada dugaan kuat bahwa debu kasar hitam tersebut berasal dari boiler 5 PT SUJ tersebut. Bahkan, pihak PT SUJ pun mengakui permasalahan itu, seperti yang dikatakan kepala RT 13/06 lingkungan Lijajar, Kelurahan Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, Rabu (6/11).

 Ketua Komisi IV Erik Airlangga mengatakan, PT SUJ belum dipanggil untuk dengar pendapat, tapi akan dilakukan inspeksi mendadak (sidak) terlebih dulu. “Kita akan sidak ke perusahaan, melihat lapangan dengan dinas terkait dan Komisi II,” kata Erik, Jumat (8/11/2019).

Baca juga: Belasan Tahun Hirup Debu PT. SUJ, Warga Lingkungan Lijajar Ciwandan Minta Direlokasi

Hal senada juga diungkapkan, Anggota Komisi II dari Partai Demokrat, Ibrohim Aswadi yang membawahi bidang kesehatan mengaku sangat prihatin atas kerapnya dugaan pencemaran tersebut. Menurutnya, kejadian ini semestinya tidak terus berulang dan harus mendapat penanganan cepat, karena selain membuat tidak nyaman, kondisi kesehatan warga pun akan terus terganggu.

“Sudah semestinya pihak perusahaan melakukan respons cepat untuk perbaikan. Mulai SOP, safety, hingga equipment-nya,” ujar Ibrohim.

Lebih lanjut Ibrohim mengatakan, penanganan permasalahan ini tidak boleh berlarut-larut. Jika perlu, kedua perusahaan itu harus menggunakan teknologi berbahan bakar terbaru yang lebih ramah lingkungan agar permasalahan tersebut tidak terjadi lagi di kemudian hari.

“Mengingat peristiwa ini menyangkut ketentraman, kesehatan, dan nyawa manusia, saya akan berkoordinasi dengan Ketua DPRD untuk terus mendorong dan memperjuangkan nasib masyarakat agar permasalahan ini cepat teratasi,” janji Ibrahim. (Ik/Red)

berita terkait

Komentar