Berteman?Ilustrasi (foto:Net)
Berteman?Ilustrasi (foto:Net)

Teman Baik Atau Jahat? Seleksi dan Kenali dengan Ciri-Ciri Ini!

TOPmedia - Dalam  menjalani kehidupan orang yang paling berpengaruh dalam kehidupan selain keluarga adalah teman. Good friend atau teman baik tentu akan memberikan energi positif dan dukungan ketika kita terjatuh dan terluka, namun toxic friend atau teman yang jahat tentu akan berusaha menjatuhkan kita. Bahkan mereka hanya berteman untuk keuntungan semata. Teman yang seperti ini akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan baik secara fisik maupun emosional.

Namun untuk menghindari adanya teman seperti itu dalam hubungan pertemanan alangkah baiknya seleksi dahulu orang yang akan dijadikan teman dekat. Agar dikemudian hari Anda tidak menyesal. Seperti dilansir dari Thelist, Senin (12/3/2018) kita dapat melihat dan merasakan jika mereka adalah teman yang tepat jika memiliki beberapa ciri berikut:

1. Semangat dan dukungan mereka

Persahabatan yang baik akan terlihat dan terasa ketika teman kita dalam keadaan terpuruk dan jatuh. Mereka akan ada disisi, bersedia membarikan dukungan agar temannya kembali bangkit dan tersenyum kembali. Namun sebaliknya pertemanan yang buruk akan meninggalkan dan tidak peduli atas keadaan yang terjadi pada kita.

Give and take atau memberi dan menerima merupakan hal yang sangat diperlukan dalam pertemanan. Jika salah satu hal tersebut tidak ada maka bisa jadi hubungan Anda dalam keadaan yang buruk.

2. Tidak memanfaatkan

Teman yang baik tidak akan memanfaatkan temannya demi mendapatkan apa yang diinginkan. Berbeda dengan teman jahat, mereka cenderung akan memanfaatkan kebaikan kita untuk mewujudkan apa yang diinginkan. Selain itu mereka hanya menghubungi ketika membutuhkan pertolongan saja. Dalam pertemanan hal ini akan membuat satu sama lain merasa tersakiti.

Maka dari itu untuk menghindarkan hal tersebut satu sama lain harus saling bekerja sama agar dapat menjalin hubungan yang baik. Namun jika hanya satu orang saja maka semuanya tidak akan berjalan sempurna.

3. Tidak menyalahkan

Teman baik akan menyadari dan mengetahui jika meraka melakukan suatu kesalahan. Mereka tidak akan menyalahkan Anda atas masalah yang ada dikehidupannya. Namun jika mereka menyalahkan Anda terhadap hal buruk yang menimpanya berarti dia bukanlah teman terbaik.

Sementara hal terpenting yang harus diingat adalah teman terbaik tidak akan pernah membuat kita merasa bersalah atas semua kejadian yang terjadi pada diri dan kehidupannya.

4. Merayakan kesuksesan bersama

Salah satu kebahagiaan terbesar dalam hidup adalah ketika kita dapat merayakan kesuksesan bersama teman tercinta. Tapi hal tersebut tidak akan ditemui jika kita memiliki teman yang buruk. Mereka iri dengan keberhasilan Anda dan menganggap pertemanan hanya sebagai ajang kompetisi.

5. Apa yang Anda rasakan ketika bersama mereka

Hubungan pertemanan yang sehat akan saling menikmati dan melalui kesuksesan, kebahagian, dan kesedihan bersama. Tidak hanya itu mereka juga menyayangi dan mencintai kita tanpa syarat dan batas. Ketika kecewa dan jatuh mereka akan hadir memberikan semangat hingga senyum terpancar dari wajah kita.

Untuk menemukan orang yang nyaman dan tepat berpandai-pandailah dalam memilah teman agar tidak menyesal di kemudian hari. Jangan lihat seseorang dari tampilannya namun lihatlah dan rasakan ketulusan mereka dengan hati.

 

 

 

Berita ini telah tayang di www.okezone.com, dengan judul: 5 Ciri-Ciri Ini Bantu Kenali Teman Anda Adalah Good Friend Atau Toxic Friend

berita terkait

Komentar