Petugas BKSDA saat memperlihatkan Elang Berontok Fase Gelap yang termasuk salah satu hewan dilindungi. (Foto: TOPmedia)
Petugas BKSDA saat memperlihatkan Elang Berontok Fase Gelap yang termasuk salah satu hewan dilindungi. (Foto: TOPmedia)

Takut Terjerat Hukum, Warga Cilegon Serahkan Satwa Dilindungi ke BKSDA

SERANG, TOPmedia - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat Wilayah Serang berhasil menyita satwa dilindungi yakni satu ekor Elang Brontok Fase Gelap (Nizaetus Cirratus) dan tiga ekor kucing hutan (Felis Bengalensis), dari salah satu warga Kota Cilegon yang memiliharanya selama satu tahun.

“Ini ada dua jenis, satu elang berontok dan tiga kucing hutan dari warga Cilegon. Ini termasuk satwa yang dilindungi,” kata Kepala BKSDA Jabar Wilayah Serang, Andre Ginson, Selasa (24/10/2017).

Andre menjelaskan, satwa dilindungi tersebut secara sukarela diserahkan ke pihaknya karena sang pemilik beralasan tidak ingin melalui proses hukum soal kepemilikan hewan dilindungi tersebut.

“Ini diserahkan secara sukarela, mungkin dia takut juga untuk penegakan hukum. Hewan ini lebih kurang satu tahun dia pelihara, pengakuannya,” jelas Andre.

Satwa dilindungi ini nantinya akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, sebelum nantinya akan dilepaskan ke international animal rescue di Bogor dan ke pusat penyelamatan satwa di Sukabumi.

“Kita lihat dulu sifat satwa itu, kalau memang sehat dan sifat liarnya sudah keluar kita bisa rilis langsung. Sementara kita lihat elang ini masih jinak, makanya kita titipkan ke lembaga konservasi sementara,” pungkasnya. (Oc/Red)

berita terkait

Komentar