Kasatpol PP Kota Serang Kusna Ramdani
Kasatpol PP Kota Serang Kusna Ramdani

Tak Pakai Masker, Sekitar 2.200 Orang di Kota Serang Terjaring Rajia Protokol Kesehatan

SERANG, TOPmedia - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Serang mencatat selama melakukan masker atau rajia protokol kesehatan covid-19 di Kota Serang yaitu 45 hari sudah sebanyak hampir 2.200 orang yang terjaring rajia.

Kasatpol PP Kota Serang, Kusna Ramdani mengatakan dalam rajia tersebut hanya diberlakukan sanksi sosial dan untuk denda uang, kata dia, belum diberikan kepada pelangar.

"Kalau total kita sudah melaksanakan 45 hari ini hampir 2.200 orang yang kena rajia. Saksi denda belum, kitanya kan saksi sosial aja perintah dari sananya, karena kondisi masyarakat kan dimaklumi ekonominya lagi pailit kasian mereka, yang penting mereka disiplin gitu aja," katanya kepada wartawan di Kota Serang, Jum'at (15/10/2020).

Belum dikenakan sanski denda uang karena, sambung Kusna, yang kena rajianya mayoritas masyarakat menengah kebawah, kata dia, kalau misalkan yang kena rajia itu Aparatur Negeri Sipil (PNS) baru, kata dia, pihaknya akan kenakan denda Rp. 100.000.

"Orang yang kenanya (rajia) juga tukang cilok, tukang gorengan, asongan. Menengah kebawah kasian, kalau yang dapet PNS pasti saya denda langsung. Yaudh kasih denda aja karena pak wali bilangnya kalau ASN mah denda aja, kalau masyarakat liat - liat kasian masyarakat udah mah usaha paceklik gini masa kita denda, modal aja belum kembali masa didenda Rp.100.000 kasian," imbuhnya.

Kusna melanjutkan, titik - titik lokasi rajia, kata dia, yaitu tempat keramaian diantaranya didepan Radar Banten, Pasar Rau, Pasar Lama, Pandean, Taman Sari.

"Tadi didepan Radar Banten, kita muter aja di Rau, Pasar Lama, Pandean, Taman Sari, pokoknya dititik - titik keramaian, kita kasih sanksi sosial sambil kasih masker juga," terangnya.

Menutut Kusna rajia yang dilakukannya efektif, sebab kata dia, dari awal - awal melakukan rajia pihaknya menjaring 80 sampai 100 orang, tapi makin kesini paling, kata dia, 30 sampai 35 orang.

"Udah bagus efektif ko, liat masyarakat kita biasanya awal - awal rajia sampai 80 sampai 100, tapi sekarang paling 30, 35. Alhmdulillah mereka sudah mulai ikut anjuran. Ada penurunan, turun naik, paling naik juga ga banyak 1 atau 2," ujarnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat terutama yang beraktivitas diluar rumah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

"Tetap kita himbau kepada masyarakat yang beraktivitas diluar tetap gunakan protokol kesehatan terutama memakai masker dan cuci tangan dan jaga jarak," tandasnya. (Di/Red)

berita terkait

Komentar