Buah Cempedak. (Foto: Net)
Buah Cempedak. (Foto: Net)

Tak Hanya Enak, Cempedak Ternyata Punya Segudang Manfaat Kesehatan

TOPmedia - Buah cempedak sekilas memang sama dengan buah nangka karena memang sama-sama berada dalam famili Moraceae. Jadi tidak heran kalau keduanya memiliki bentuk dan wujud yang nyaris serupa, yaitu berduri kecil, berwarna hijau dan bagian dagingnya berwarna kuning seperti kunyit dan memiliki rasa yang manis sekali.

Aroma buah cempedak dan nangka memang sama–sama kuat, namun buah cempedak lebih kuat aromanya. Karena terlalu kuat aroma cempedak, banyak yang mengatakan bahwa aroma buah cempedak hampir sama dengan buah durian.

Buah ini umumnya disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan aromanya yang kuat, membuat buah ini memiliki ciri khas. Selain rasanya nikmat, cempedak diyakini memiliki segudang manfaat kesehatan, di antaranya dapat menurunkan kadar kolesterol, stroke, meredakan tumor, baik untuk mata dan bagus untuk lambung dan pencernaan, Soal manfaat itu, benarkah?

Spesialis Gizi Klinis, dr Ida Gunawan, SpGK menjelaskan lebih jauh seputar mitos dan fakta tentang cempedak.

Baik untuk kesehatan mata

Diakui dr Ida, ini merupakan fakta. Karena warna kuning dari cempedak kaya akan antioksidan, mengandung betakaroten yang bisa diubah menjadi vitamin A, jadi baik untuk menjaga kesehatan mata.

Mengobati malaria

Ini mitos. Perlu diketahui, di daerah tropis beragam tumbuhan bisa hidup dengan subur. Salah satunya, pohon cempedak.

"Dulu, sering dipakai cempedak untuk mengobatai penyakit yang diduga malaria. Sering dipakai untuk menurunkan panas, tapi penelitiannya belum ada," kata dr Ida.

Cempedak lebih baik dimakan langsung

Fakta. Cempedak merupakan bagian dari golongan buah-buahan, sehingga sebaiknya cempedak dimakan dalam keadaan utuh dan segar.

"Tak perlu diolah menjadi masakan, karena vitamin dan mineral juga zat-zat aktif jika dimasak, kandungannya berkurang," ujar dia.

Menjaga kesehatan kulit

Fakta. Kok bisa? Ini karena cempedak mengandung antioksidan dan bioflavonoid, vitamin C.

Dijelaskan dr Ida, dalam 100 gram buah cempedak tanpa biji, mengandung 7 miligram  vitamin C. Tapi ingat, meski baik untuk kulit, namun konsumsi buah ini tetap tidak boleh berlebihan. Kenapa?

"Ini karena dalam 100 gram daging cempedak  mengandung 170 kalori. Jadi kalau pengin makan banyak 1 kilogram, itu konsumsinya banyak banget. Jadi makan secukupnya saja agar kalorinya enggak terlalu banyak karena manis, kalorinya tinggi."

Tingkatkan kekebalan tubuh

Fakta. Ini karena cempedak kaya akan antiokdsidan. "Antioksidannya macam-macam, mengandung vitamin B, ada B1, B12, B6, bioflavonoid, kandungan seratnya juga bagus," ujar dr Ida.

Biji buah cempedak bisa membentuk otot

Mitos. Biji buah ini memang kaya akan protein, namun protein yang terkandung dalam biji buah cempedak tidak setinggi protein dalam produk hewani.

"Jadi, kalau mau ambil manfaat bentuk ototnya, lebih baik cari protein hewani," kata dia.

Turunkan kolesterol

"Cempedak memang kaya akan serat, tapi kalau ikut menurunkan kolesterol itu mitos. Karena seratnya masih lebih tinggi sayuran. Sebanyak 100 gram sayur seratnya lebih tinggi. Jadi kalau mau menurunkan kolesterol lebih baik dengan sayuran," ujarnya.

 

Berita ini telah tayang di Viva.co.id, dengan judul: Bukan Cuma Enak, Cempedak Juga Sehatkan Mata dan Kulit

berita terkait

Komentar