Tak Disangka! 3 Kulit Buah Ini Memiliki Manfaat Luar Biasa Untuk Kecantikan, Nomor 1 Mengejutkan

TOPmedia - Hingga kini jerawat masih dalam urutan pertama dalam permasalahan kulit yang dapat meresahkan bagi sebagian orang, baik laki-laki maupun perempuan. Faktor utama munculnya jerawat adalah hormon androgen. Hormon ini muncul pada masa pubertas. Saat hormon ini meningkat, ia dapat memicu kelenjar dalam kulit untuk mengeluarkan minyak. Apabila kulit dalam keadaan kotor, itu akan menyebabkan munculnya jerawat.

Umumnya jerawat pertama kali muncul saat usia 11-25 tahun. Pada remaja, jerawat muncul di hidung, pipi, dada, punggung dan leher. Namun ternyata tak sedikit orang dewasa yang berjerawat. Oleh karena itu berbagai tips untuk mengurangi jerawat kerap kali dicari tahu oleh kaum muda, terutama remaja. Hal ini karena jerawat tak hanya mengganggu penampilan saja, namun ternyata jerawat juga mampu menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Jika kamu sudah mencoba menangani masalah jerawat dengan segala macam produk perawatan kulit yang tersedia tetapi tidak berhasil, yuk coba tips mudah untuk mengurangi jerawat hanya dengan menggunakan berbagai kulit buah ini.

1. Menangani jerawat dengan kulit pisang.

Kulit pisang mengandung lutein, antioksidan, dan vitamin karotenoid yang berhubungan dengan vitamin A. Oleh karenanya ia bisa membantu mengurangi peradangan. Kamu bisa mencoba menggunakan kulit pisang ini untuk membuktikannya sendiri. Pilih pisang yang matang yang berwarna kuning dengan titik-titik yang hitam, lalu pisahkan kulitnya. Gunakan bagian dalam dari kulit pisang yang berwarna putih dan gosokkan kulit pisang ke kulitmu yang berjerawat. Gosok atau pijat dengan lembut selama sekitar 10 menit.

2. Kulit manggis mampu mengurangi jerawat.

Selain baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ternyata kulit manggis memiliki khasiat yang luar biasa baik untuk kesehatan kulit. Dalam kulit manggis terkandung senyawa xanthone, yaitu senyawa yang mempunyai sifat antikanker, antidiabetes, antibakteri, dan antiradang. Salah satu manfaat kulit manggis bagi kecantikan adalah mengatasi kulit yang meradang akibat jerawat.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba masker kulit manggis untuk mengurangi jerawat dan anti peradangan. Caranya, siapkan satu buah kulit manggis yang telah dicuci bersih, lalu keringkan. Setelah itu parut atau tumbuk kulit manggis hingga halus. Campurkan dengan air putih sebanyak 3-4 sdm dan aduk sampai rata. Kamu juga bisa mencampurnya dengan minyak zaitun agar dapat menjaga kelembaban kulit. Sebelum dioleskan ke wajah yang berjerawat, bersihkan dulu wajahmu lalu keringkan. Setelah dioleskan secara merata, kemudian diamkan selama 30 menit hingga masker mengering. Setelah kering, bersihkan wajah menggunakan air biasa.

3. Mengatasi jerawat dengan kulit jeruk

Kulit jeruk ternyata tak kalah ampuhnya dalam mengatasi kulit berjerawat. Kandungan asam sitrat dalam kulit jeruk mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan membersihkan daerah yang terkena jerawat. Nah, dengan kandungannya itu, kamu bisa coba membuat buat masker wajah dari kulit jeruk untuk mengatasi jerawat di wajahmu.

Caranya mudah, tumbuk kulit jeruk yang sudah kamu keringkan terlebih dahulu, lalu campurkan bubuk kulit jeruk yang sudah halus dengan air hangat dan campur hingga menjadi sebuah pasta. Setelah itu oleskan pada wajahmu yang berjerawat secara merata. Diamkan hingga 30 menit hingga menyerap dan mengering, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Itu dia tips mudah mengurangi jerawat hanya dengan menggunakan berbagai kulit buah. Jadi jangan buru-buru dibuang ya, kamu bisa memanfaatkannya dengan mudah! (Redaksi)

Sumber: brilio.net

berita terkait

Komentar