Jembatan Beipanjiang di Tiongkok. (Foto: Net)
Jembatan Beipanjiang di Tiongkok. (Foto: Net)

Tahun Ini Tiongkok Akan Resmikan Jembatan Tertinggi di Dunia

TOPmedia - Setelah membuat dunia heboh dengan jembatan kaca, kini Tiongkok bersiap membuka jembatan tertinggi di dunia. Jembatan ini dikabarkan akan dibuka akhir tahun.

Jembatan bernama Beipanjiang ini membentang sepanjang 720 meter di antara pegunungan dengan tinggi 565 meter di atas sungai.

Pembangunannya selesai pada Sabtu lalu dan telah diumumkan oleh Departemen Transportasi Provinsi Guizhou.

Jembatan Beipanjiang membentang di atas Sungai Beipan dan dua sisinya telah dikaitkan pada akhir pekan lalu, yang menandai bahwa pembangunan telah selesai.

Sebelum Jembatan Beipanjiang, jembatan tertinggi di dunia dimiliki oleh Jembatan Si Du River yang melintasi Provinsi Hubei, Tiongkok, dengan ketinggian 496 meter di atas tanah.

Jembatan ini akan dibuka secara resmi pada akhir tahun dan diharapkan dapat mempercepat jarak antara Guizhou dan Yunan menjadi dua kali lebih cepat. Nantinya, jembatan ini akan dilewati kendaraan untuk menghubungkan dua provinsi tersebut.

Ketika dibuka, Jembatan Beipanjiang juga akan mendapatkan penghargaan dengan kabel estoris jembatan baja terikat yang terpanjang kedua dan menara jembatan tertinggi ke-10 di dunia.

Sebanyak 17 dari 20 jembatan tertinggi di dunia ada di Tiongkok. Di Provinsi Guizhou sendiri ada 7 jembatan.

Tak hanya itu, Tiongkok juga memiliki jembatan kaca terpanjang di dunia bernama Zhangjiajie Grand Canyon.

 

Pembangunannya pun memakan waktu sekitar tiga tahun, dengan nilai investasi sebesar 780 juta Yuan atau sekitar Rp1,5 triliun.

 

 

 

Sumber: www.okezone.com

berita terkait

Komentar

pCloud Premium