Kondisi Sungai Ciujung di Kabupaten Serang yang mengitam lantaran tercemari limbah pabrik. (Foto: TOPmedia)
Kondisi Sungai Ciujung di Kabupaten Serang yang mengitam lantaran tercemari limbah pabrik. (Foto: TOPmedia)

Sungai Ciujung Hitam Pekat, Warga Terserang Penyakit Gatal-gatal

SERANG, TOPmedia - Kondisi sungai Ciujung, Kabupaten Serang, kini semakin memprihatinkan. Saat ini Sungai Ciujung sudah tidak bisa digunakan warga disekitaran untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mandi, cuci piring dan lain sebagainya karena warna air sudah hitam pekat. Warga berharap pemerintah segera menindak tegas Industri yang membandel dan segera memberikan bantuan agar Pemerintah Kabupaten Serang membantu pemberian air bersih untuk minum warga.

Diakatakan Sukemi (42), warga Carenang yang mengeluhkan sungai Ciujung yang kini semakin hitam pekat. Menurutnya, warga sekarang sudah susah untuk mandi di sungai, karena jika mandi di sungai bisa  mengakibatkan gatal-gatal di tubuh. Ia memohon kepada pemerintah agar segera membantu keluhan warga.

"Limbah industri jangan dibuang ke Ciujung, dan kami mohon bantuan air bersih untuk sekedar makan dan minum sehari-hari," ujar Sukemi, Senin (30/9/2019).

Jeje Sudrajat, Penggiat aktivis sosial dan lingkungan mengatakan, limbah industri ini membunuh secara pelan-pelan warga sekitaran sungai yang setiap harinya menggunakan air tersebut untuk kebutuhan hidupnya.

"Bupati Serang jangan tutup telinga, dengarkan aspirasi warga, tindak tegas industri yang membuang limbah cairnya ke sungai," ujar Jeje, Senin (30/09).

Menurut Jeje, saat ini kondisi sungai sudah sangat parah, dan ini sudah terjadi sejak tahun 2000 an silam, namun terkesan dibiarkan. (TM-1/Red)

berita terkait

Komentar