Serah terima jabatan Komandan Korem 064/Maulana Yusuf di Alun-Alun Barat, Kota Serang.*
Serah terima jabatan Komandan Korem 064/Maulana Yusuf di Alun-Alun Barat, Kota Serang.*

Soal Pencopotan Dandim Lebak, Ini Penjelasan Pangdam III Siliwangi

SERANG, TOPmedia - Terkait pencopotan Komandan Daerah Militer (Dandim) 06/03 Lebak Letkol Czi Ubaidillah lantaran melakukan latihan bela negara bersama Front Pembela Islam (FPI) Lebak, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI M Herindra angkat bicara.

Menurut Herindra, apa yang dilakukan Dandim Lebak melanggar standar operasional prosedur (SOP) di internal TNI.

"Saya sudah melihat itu dan sudah memeriksa, ternyata pelaksanaan bela negara tersebut tidak melalui SOP yang seharusnya dilakukan, sehingga saya mengambil langkah Dandim saya copot," kata Herindra kepada wartawan usai serah terima jabatan Komandan Korem 064/Maulana Yusuf di Alun-Alun Barat, Kota Serang, Senin (09/01/2017).

Selain itu, menurut Herindra alasan pencopotan adalah murni karena prosedural.

"Dia tidak izin dengan saya, maka saya mengatakan pelanggaran serius. Maka saya ambil keputusan bersalah dan saya copot jabatannya dan besok ada pejabat baru," ujarnya.

Setelah melakukan pencopotan terhadap Dandim Lebak, Pangdam juga memastikan besok, Selasa (10/1/2017) sudah menempatkan pejabat penggantinya. “Penggantinya yakni Letkol Safa, sebelumnya dia di Kasiter (Kepala Seksi Teritorial),” kata Pangdam.

Sebelumnya diberitakan, beberapa hari belakangan masyarakat kembali dihebohkan dengan beredarnya foto latihan bersama antara Kodim Lebak bersama Front Pembela Islam (FPI) pada Kamis, 05 Januari 2017 di Kabupaten Lebak, Banten. Foto latihan bersama itu beredar di media sosial dan di unggah ke dalam akun Instagram dpp_fpi. (Gilang/Red)

berita terkait

Komentar