Dinas SDAP Provinsi Banten.*
Dinas SDAP Provinsi Banten.*

Silpa Dinas SDAP Tahun 2016 Diprediksi Capai Rp130 Miliar.

SERANG, TOPmedia - Progres penyerapan anggaran pada Triwulan kedua akhir atau Juni tahun 2016, penyerapan anggaran di Dinas SDAP (Sumber Daya Air dan Pemukiman) Provinsi Banten baru mencapai 26 persen. Angka tersebut dijelaskan kepala Dinas SDAP Pemprov Banten, Iing Suwargi sangat wajar. Lantaran, mayoritas pekerjaan di SDAP adalah pekerjaan fisik yang biasanya dikerjakan dari pada Triwulan ke-4.

Untuk Triwulan kedua hingga bulan Juni ini memang belum kelihatan ada penyerapan anggaran yang signifikan karena semua pekerjaan masih dalam proses awal pengerjaan dan sisanya masih tahap lelang di ULP (Unit Layanan Pelelangan).

Melihat kondisi yang terjadi saat ini, Iing memprediksi, Silpa (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran) di Dinas SDAP Provinsi Banten pada tahun 2016 bisa mencapi Rp130 Miliar atau sekitar 28 persen dari sekitar Rp465 miliar anggaran yang ada di SDAP.

"Kenapa Silpa sudah saya prediksi dari Triwulan kedua ini, agar pada anggaran perubahan nanti, kita juga bisa melakukan evaluasi dan membuatkan program-program kerja baru untuk menekan angka Silpa tersebut, Prediksi itu bagi saya sangat penting," ungkap Iing, Jumat (19/08/2016).

Pentingnya prediksi dari awal menurut Iing adalah untuk mengejar penyerapan anggaran pada dua Triwulan kedepan, sehingga target saja pencapain akhir di Dinas SDAP 90 atau 100 Persen bisa tercapai.

"Kita lebih menekankan pada hasil akhir dari pekerjaan dan pengawasan selama proses kegiatan penyerapan anggaran, terutama yang sifatnya pekerjaan fisik, kita gak mau asal jadi dan anggaran asal terserap," ungkap Iing.

Untuk diketahui, Dinas SDAP adalah salah satu SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di Pemprov Banten yang mengelola anggaran besar, selanjutnya ada Dinas Pendidikan, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR), Dinas Kesehatan dan Dishubkominfo. (TM-1/red)

berita terkait

Komentar