Suasana rapat koordinasi sosialisasi vaksin Covid-19 di Oproom Setda Pandeglang, Rabu (13/01/2020).
Suasana rapat koordinasi sosialisasi vaksin Covid-19 di Oproom Setda Pandeglang, Rabu (13/01/2020).

Siap-siap Vaksinasi Covid-19 di Pandeglang Dilakukan Februari 2020

PANDEGLANG, TOPmedia - Penyuntikan vaksin Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Pandeglang diperkirakan akan dilaksanakan Februari 2020. Untuk vaksin tahap pertama diperuntukan bagi 2.343 tenaga kesehatan (nakes).

"Tahap pertama (vaksinasi Covid-19, red) Kabupaten Pandeglang terjadwalkan termin kedua di bulan Februari untuk pengambilannya ke Provinsi Banten," ungkap Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Pandeglang, Achmad Sulaiman, usai rapat koordinasi sosialisasi vaksin Covid-19 di Oproom Setda Pandeglang, Rabu (13/01/2020).

Rencananya Pemkab Pandeglang akan mendapatkan 443 pial. Jika satu pial bisa digunakan untuk 10 orang, maka Pandeglang akan mendapatkan 4.330 dosis.

Karena vaksinasi dilakukan Februari, maka Tim Satgas Covid-19 bisa leluasa menyiapkan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan imunisasi Covid-19.

"Ini bukan hal kecil. Kami akan bekerjasama dengan seluruh komponen, misalkan dalam pengawalan yang akan melibatkan TNI dan Polri," ujarnya.

Dijelaskannya, hingga saat ini baik untuk tempat penyimpanan di puskesmas maupun kesiapan nakes sudah disiapkan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Hingga pembentukan pokja untuk menilai efek samping KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi, red)," sambung Sulaiman.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyampaikan, walaupun nanti akan ada imunisasi vaksin Covid-19, masyarakat tetap harus memperhatikan protokol kesehatan 5M, bukan lagi 3M.

"Bahwa 5M itu merupakan bentuk tambahan dari 3M. Sebelumnya yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak kemudian ditambah menjauhi kerumunan dan makan makanan bergizi guna meningkatkan imun," imbau bupati.(Ari/Red)

berita terkait

Komentar