MenPAN-RB, Yuddy Chrisnandi. (Foto: Net)
MenPAN-RB, Yuddy Chrisnandi. (Foto: Net)

Siap-Siap, PNS Dilarang Main Pokemon Go Oleh MenPAN-RB, Ini Alasannya!

JAKARTA, (TOPmedia) - Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal dilarang memainkan game Pokemon Go oleh MenPAN-RB, Yuddy Chrisnandi. Menurut sang menteri, pelarangan ini dilakukan untuk menjaga kinerja pegawai agar tidak gandrung pada game yang sedang ‘mewabah’ di masyarakat ini. Menteri Yuddy enggan melihat PNS sibuk menangkap Pokemon saat jam kerja.

Ide Menteri Yuddy melarang PNS main Pokemon Go ini muncul setelah muncul keresahan, game yang satu ini bisa mengganggu konsentrasi aparatur sipil negara (ASN). Dikutip dari JPNN pada Selasa (19/7), MenPAN-RB menyebut, “Saya sudah perintahkan Deputi SDM Aparatur untuk membuat surat kepada seluruh instansi terkait larangan main game seperti Pokemon, dan lain-lain. Apalagi mainnya saat jam kerja, ini akan mengganggu‎ sekali.”

Game Pokemon Go sendiri memang tengah mewabah belakangan. Di satu sisi game ini bisa berbuah positif karena membuat penggunanya beraktivitas di luar ruangan untuk menangkap Pokemon kesukaannya. Namun di sisi lain, efek keranjingan berlebihan terhadap game ini bisa membuat penggunanya terlalu fokus pada Pokemon Go, dan mengabaikan keselamatan diri sendiri.

Baru-baru ini di Makodim Kota Cirebon, ada seorang bule yang melompati portal. Sempat diduga hendak bertindak aneh-aneh, ternyata bule bernama Romain Pierre tersebut tengah berburu pokemon. Ini hanya salah satu contoh dari kegandrungan terhadap Pokemon Go dalam tingkat akut.

Terkait rencana pelarangan MenPAN-RB agar PNS tidak memainkan game Pokemon Go,Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana KemenPAN-RB Rini Widyantini‎ menyatakan, terlebih dahulu akan dibuat kajian. Pihaknya akan menganalisis dampak penggunaan game ini pada ASN atau masyarakat. Barulah setelahnya dibuat regulasi.

“Masih akan dikaji dulu. Ini kan baru perintah Pak Menteri, jadi tidak bisa langsung dibuat regulasinya,” tutur Rini. (JPNN)

berita terkait

Komentar