Foto ilustrasi. (Foto: Net)
Foto ilustrasi. (Foto: Net)

Sering Pipis Tengah Malam dan Urin Berbusa, Waspada Diabetes!

TOPmedia - Apakah Anda sering buang air kecil atau pipis di tengah malam? Jika iya, sebaiknya harus mewaspadainya sebagai salah satu pertanda diabetes.

Diabetes adalah penyakit metabolik yang timbul akibat peningkatan kadar gula darah di atas normal. Sejumlah gejala dapat menunjukkan seseorang telah mengidap diabetes.

Menurut ketua Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA), Prof. DR. dr Agung Pranoto SpPD-KEMD, salah satu gejala seseorang telah menderita penyakit diabetes adalah sering pipis di malam hari. Hal ini lantara kadar gula darah seseorang telah meningkat jauh di atas normal.

“Banyak kencing salah satu gejala klasik dari diabetes. Hal itu terjadi ketika kadar gula darah 400 sampai 500 mg/dL,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr Agung menjelaskan, karakteristik dari urin juga bisa menandakan seseorang kemungkinan besar menderita diabetes. Menurutnya, seseorang yang menderita diabetes mengeluarkan urin yang berbusa.

“Kencing berbusa itu karena manis sekali. Kalau dijilat manis itu. Kalau kencing dikerumunin semut itu manis,” tuturnya.

Namun, dr Agung mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak tertipu. Bukan berarti tidak mengalami gejala tersebut seseorang bebas dari diabetes.

Selain itu, dikatakan dr Agung, sejumlah penyakit juga sering ditandai dengan sering pipis. Jadi, bukan hanya diabetes penyakit yang ditandai oleh sering pipis.

“Pembesaran prostat pada pria dewasa juga membuat kencing terus. Infeksi saluran kemih, anyang-anyangan juga bikin sering kencing,” tutupnya.

 

 

 

Sumber: www.okezone.com

berita terkait

Komentar