Ilustrasi Kopi.*
Ilustrasi Kopi.*

Sering Minum Kopi Tingkatkan Risiko Gangguan Pendengaran?

TOPmedia - Kopi merupakan minuman tinggi kafein yang dipercaya mampu membuat tubuh jadi semangat dan mata langsung melek. Itulah sebabnya kopi banyak dikonsumsi di pagi hari sebagai pembangkit semangat untuk memulai beraktivitas.

Karena kopi memberikan efek dahsyat maka tak heran banyak orang yang kemudian menjadi penggemar kopi dan merasa ada yang kurang jika tidak mengonsumsi secangkir kopi tiap hari.

Selain memberikan efek positif, tahukah kamu bahwa kopi juga bisa mengganggu kesehatanmu? Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilansir dari indiatimes.com mengungkapkan bahwa kebanyakan minum kopi ternyata dapat mengganggu kesehatan telinga lho.

"Ketika telinga manusia mendengar suara keras atau melebihi ambang batas yang dianjurkan, maka dia berada pada risiko tinggi untuk terkena kerusakan permanen," ungkap Dr Faisal Zawawi, seorang otolaryngologist di McGill University, Kanada. "Biasanya telinga akan mudah pulih dari suara bising tersebut setelah 72 jam. Namun hal ini tidak ditemukan pada mereka yang peminum kopi."

Lebih lanjut para peneliti kemudian melakukan penelitian yang berhubungan dengan kopi dan kemampuan pendengaran pada kelinci. Mereka kemudian diperdengarkan suara keras dan diberi minuman kopi. Setelah 8 hari, penelitian ini menemukan bahwa konsumsi kafein harian memiliki dampak negatif bagi telinga serta menghalangi proses pemulihan dari suara keras yang baru saja didengar.

berita terkait

Komentar