Ilustrasi : Foto.net
Ilustrasi : Foto.net

Sering Dijadikan Lalapan, Ternyata Sahabat Terong Ini Memiliki Segudang Manfaat, Nomor 10 Mengejutkan !

TOPmedia – Berbicara tentang lalapan, banyak sekali sayuran yang biasanya di hidangkan begitu saja tanpa di masak terlebih dahulu tapi di hidangkan  bersama sambel yang begitu menggoda.

Banyak sayuran yang biasanya bisa di jadikan lalapan seperti, mentimun, kemangi, kol, kacang panjang terong dan sebagainya. Namun ada salah satu lalapan yang menjadi ciri khas salah satu daerah di Indonesia. Yaitu Leunca.

Leunca adalah sejenis tanaman buah yang masih berkerabat dengan terong. Leunca berasal dari wilayah Asia Barat, untuk kemudian menyebar ke sejumlah wilayah lainnya di Asia, termasuk Indonesia, bahkan sampai ke benua Amerika dan Eropa. Kini, leunca kerap dimanfaatkan sebagai komposisi lalapan, terutama pada masakan khas Sunda.

Leunca (Solanum Nigrum L) memiliki buah yang berbentuk bulat kecil berwarna hijau. Kendati memiliki ukuran kecil, leunca kaya akan zat bernutrisi di dalamnya, seperti Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, Protein, Karbohidrat, Lemak, Kalsium, Zat besi, dan Fosfor.

Manfaat Leunca bagi Kesehatan

Tidak hanya menambah selera makan, leunca juga memiliki manfaat dari segi medis. Mengonsumsi leunca secara rutin dipercaya dapat merawat kesehatan, pun mengobati penyakit yang menyerang tubuh. Berikut ini adalah manfaat leunca yang penting untuk anda ketahui.

1. Menurunkan Panas

Manfaat leunca yang pertama adalah untuk menurunkan panas tubuh, umumnya saat tubuh terserang demam. Bagi Anda yang sedang mengalami peningkatan suhu tubuh, mengonsumsi leunca adalah salah satu cara yang dianjurkan guna mengatasi hal ini. Khasiat leunca untuk menurunkan panas oleh karena leunca mengandung zat yang bersifat anti – piretik.

2. Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Kabar baik untuk Anda yang gemar mengonsumsi leunca. Di samping menambah selera makan, leunca juga efektif untuk memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh.

Hal ini tentu saja membuat tubuh terhindar dari yang namanya kondisi tekanan darah tinggi (hipertensi). Sebagaimana diketahui, salah satu penyebab hipertensi adalah tidak lancarnya aliran darah di dalam tubuh.

3. Mengatasi Infeksi Bakteri

Bakteri atau virus adalah dua mikroorganisme yang kerap menjadi penyebab penyakit. Di antara sekian banyak cara mengobati infeksi bakteri atau virus ini, mengonsumsi leunca adalah salah satunya.

Manfaat leunca untuk melawan infeksi bakteri dikarenakan leunca juga diperkaya oleh sejumlah senyawa yang berifat antibiotik.

4. Mengoptimalkan Fungsi Ginjal

Siapa sangka, leunca yang Anda konsumsi setiap hari memberikan manfaat terkait kesehatan ginjal. Kandungan zat antiokisdan pada lenca diklaim sebagai pencetus manfaat leunca bagi kesehatan ginjal tersebut.

Antioksidan menjaga ginjal dari kerusakan sel-sel di dalamnya, sehingga fungsi ginjal dalam mem-filter dan membuang racun-racun sisa makanan dapat berjalan secara optimal.

5. Mencegah Penyakit Saluran Kemih

Leunca juga memiliki manfaat untuk mencegah dan mengatasi gangguan saluran kemih. Hal ini karena terdapat senyawa anti-diuretik pada tanaman herbal yang juga dikenal dengan nama “Ranti” tersebut.

Penyakit saluran kemih sendiri lebih banyak disebabkan oleh infeksi bakteri, dan biasanya menyerang wanita, oleh karena struktur uretra wanita yang lebih memungkinkan untuk terinfeksi. Oleh sebab itu, Anda para kaum Hawa disarankan untuk rutin mengonsumsi leunca guna menghindari diri dari penyakit ini.

6. Membentuk dan Merawat Tulang

Adanya kandungan mineral berupa kalsium pada leunca membuat tanaman herbal yang satu ini dinilai efektif dalam mengoptimalkan pertumbuhan tulang, pun merawat kesehatan dan kekuatan tulang.

Meskipun demikian, belum ada penelitian yang secara spesifik dapat membuktikan hal ini. Ada baiknya Anda tidak bergantung pada leunca untuk mencegah kehamilan.

7. Mengatasi Peradangan

Peradangan (inflamasi) adalah kondisi yang juga bisa diatasi dengan mengonsumsi leunca salah satunya. Manfaat leunca yang satu ini tak lepas dari kandungan senyawa kimia alami di dalamnya, yang mana senyawa tersebut memiliki sifat anti-inflamasi.

Akan tetapi, efektivitas leunca dalam mengatasi peradangan juga perlu didukung dengan sejumlah cara mengatasi peradangan lainnya guna mempercepat proses penyembuhan. Jadi, jangan bergantung sepenuhnya terhadap leunca, ya.

8. Merawat Kesehatan Mata

Vitamin A adalah jenis vitamin yang memiliki banyak manfaat, salah satu yang paling utama adalah merawat dan mengoptimalkan fungsi mata.

Jika selama ini vitamin A identik dengan wortel, maka Anda juga harus tahu bahwa leunca juga merupakan sumber vitamin A yang paling baik. Sebagaimana telah disebutkan di atas, buah leunca mengandung sekitar 1,900 SI vitamin A.

Atas dasar itu, kiranya sayang jika Anda melewatkan leunca dalam daftar menu sehat sehari-hari jika ingin memiliki mata yang sehat.

9. Merawat Kesehatan Kulit

Selain vitamin A, leunca juga mengandung vitamin C. Hal ini lantas menghasilkan manfaat leunca yang berkaitan dengan fungsi vitamin C, salah satu yang paling utama yakni merawat kesehatan kulit.

Pasalnya, vitamin C memiliki sifat antioksidan, yang mana antioksidan tersebut bertugas untuk menghalau radikal bebas yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel-sel kulit. Nah, sel kulit yang rusak akan berimbas pada sejumlah masalah kulit, salah satu yang kerap menjadi momok adalah penuaan kulit yang ditandai dengan munculnya kerutan, flek hitam, dan garis-garis halus

10. Alat Kontrasepsi Alami

Bagi Anda yang sedang menjalani program keluarga berencana (KB), leunca bisa menjadi salah ssatu alternatif alat kontrasepsi alami. Kok bisa?

Percaya atau tidak, mencegah kehamilan adalah salah satu “manfaat” leunca. Mengonsumsi leunca dipercaya dapat mengurangi kualitas dan kuantitas sperma sehingga potensi kehamilan dapat diminimalisir.

Jadi, berbahagialah Anda yang ‘doyan’ mengonsumsi leunca karena itu artinya secara tidak langsung Anda tengah merawat kesehatan tulang.

 

Itu dia sederet manfaat leunca bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat !

 

(RED)

 

Sumber : doktersehat.com

berita terkait

Komentar