Anyer Urban Festival 2019.*
Anyer Urban Festival 2019.*

Semangat Hidupkan Kembali Pariwisata Lewat Anyer Urban Festival 2019

SERANG, TOPmedia - Bencana tsunami Selat Sunda Desember 2018 yang lalu meninggalkan duka yang mendalam bagi Indonesia, khususnya masyarakat Tanjung Lesung dan sekitarnya. Berbagai bantuan untuk korban bencana dan infrastruktur telah diberikan dari berbagai sumber, seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, swasta maupun organisasi dan personal.

Tiga bulan telah berlalu, daerah Tanjung Lesung, Pantai Carita dan area terjadinya bencana telah melakukan proses recovery. Infrastruktur pun sudah mulai pulih dan saat ini masyarakat sekitar sudah siap beraktiļ¬tas dan membangkitkan kembali sektor ekonomi pariwisata yang menjadi tulang punggung mereka.

Akan tetapi, trauma bencana tsunami Selat Sunda masih menjadi hambatan bagi wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung, seperti pengakuan Bapak Mukhtarom, General Manager Villa Marina Anyer,

“Meskipun daerah Anyer tidak berdampak langsung bencana, namun efeknya hingga membuat zero occupancy pada penginapan kami. Sebelum tsunami rata-rata okupansi hotel sekitar Anyer di kisaran 50-60%. Akibatnya membuat sektor ekonomi pariwisata lesu dan tidak bergairah bahkan sampai adanya pengurangan SDM sebanyak 60% dari setiap lapangan pekerjaan di daerah tesebut dan mayoritas adalah penduduk setempat,” ujarnya, Rabu (20/3/2019).

Sementara itu pada 12 Februari 2019, pemerintah pusat melalui Menteri Pariwisata Arief Yahya telah mengeluarkan statement “Selat Sunda Aman” yang bertujuan mendongkrak kembali lokasi wisata Anyer, Pandeglang dan sekitarnya yang menjadi perhatian kita bersama.

Berangkat dari issue masyarakat sekitar, PT Digital Gravitasi Indonesia salah satu Event Organizer berpengalaman di bidang penyelenggaraan acara mengajak seluruh lapisan masyarakat membangkitkan kembali industri pariwisata Anyer dengan program Anyer Urban Festival 2019 yang dikemas secara menarik dan bergengsi. Dengan acara utama olahraga santai berbentuk Fun Bike disisipi konten menarik lainnya seperti Bazaar dan Food Truck Festival, hiburan dari teman-teman Stand Up Comedy Indonesia dan salah satu band yang banyak digandrungi anak-anak muda saat ini “The Upstairs”.

Acara utama lainnya adalah bagian dari CSR para sponsor yaitu Santunan Anak Yatim/Dhuafa. Event inipun tak luput dari keterlibatan elemen masyarakat sekitar menjadi bagian dari konten acara yaitu dengan adanya pertunjukan Pagelaran Seni Budaya Banten.

“Semoga dengan terwujudnya Anyer Urban Festival 2019 dapat menjadi langkah awal untuk membangkitkan kembali kepercayaan wisatawan domestik dan internasional bahwa Anyer adalah salah satu lokasi wisata terbaik di Banten yang patut dikunjungi. Dan harapannya ke depan, event ini  dapat menarik para sponsor dan rekan-rekan media agar dapat berkelanjutan dan menjadikan salah satu agenda kalender event setiap tahunnya yang bertujuan memberikan semangat bagi warga Anyer agar bersama-sama membangun dan melindungi sektor ekonomi pariwisata nasional,” ujar Cherianto Yuliandry, Direktur PT Digital Gravitasi Indonesia.

Ayo ke Anyer, Ayo Majukan Pariwisata Indonesia!

berita terkait

Komentar