Kepala Disperindag Kota Cilegon Abadiyah, saat berdialog dengan pedagang ditrotoar pasar Pagebangan, Rabu (15/1/2020). (Foto: TOPmedia)
Kepala Disperindag Kota Cilegon Abadiyah, saat berdialog dengan pedagang ditrotoar pasar Pagebangan, Rabu (15/1/2020). (Foto: TOPmedia)

Sebabkan Kemacetan, Disperindag dan Satpol PP Relokasi PKL di Trotoar Pagebangan

CILEGON, TOPmedia - Dilaporkan kerap terjadi kemacetan dan menganggu keamanan di perlintasan rel kereta api, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cilegon, melakukan relokasi penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menempati Trotoar di Pagebangan. 

"Pemindahan atau penempatan PKL yang berkegiatan dagang di jalan Pagebangan ke Pasar Blok F itu didasari, karena adanya laporan bahwa sering terjadi kemacetan. Tingkat keamanan perlintasan kereta api serta adanya genangan air dari para pedagang yang membuat struktur jalan mudah rusak, terlebih lagi terhadap produksi sampah," kata Kepala Dinas Disperindag Cilegon, Abadiyah, Rabu (15/1/2020).

Ia mengatakan, upaya pemindahkan PKL tersebut, sudah berulang kali dilaksanakan, karena banyak pedagang yang sudah ditempatkan di Pasar Blok F, tetapi masih kembali lagi ke Jalan Pagebangan.

"Sekitar 20 pedagang ikan basah akan kami tempatkan pada los ikan basah yang sudah kami siapkan di Pasar Blok F, dan kami berharap kesempatan ini jangan disia-siakan, atau tidak digunakan. Sebab, banyak pedagang yang berkeinginan menempati los yang ada," terangnya.

Sementara itu, Bayu Panatagama, selaku Sekdis Disperindag mengatakan, selain Pedagang ikan basah, pihaknya juga sudah menyiapkan los hanggar untuk PKL lainnya di pasar Kranggot.

"Sebenarnya jumlah pedagang di jalan Pagebangan ada sekitar 50-an yang terdiri dari jenis dagangan seperti Ikan basah, buah-buahan, sayur mayur bahkan pedagang pakaian. Nah untuk pedagang selain ikan basah sudah kami siapkan los-los hanggar di Pasar Kranggot, untuk itu kami berharap dimanfaatkan oleh para pedagang," katanya.

Ia juga mengatakan, Penambahan bangunan los di Pasar Blok F yang sudah terbangun sebanyak 32 los, penambahan los hanggar diperuntukan menampung pedagang ikan basah dari Jalan Pagebangan, pedagang kelapa yang berada di lokasi parkir sebelah barat Pasar Blok F dan pedagang emprakan yang berada di sebalah selatan gedung pasar Blok F. (Ik/Red)

Baca Juga

berita terkait

Komentar