Keindahan curug munding yang berada di desa Cicaringin, kecamatan Gunung kencana Kabupaten Lebak. (Foto:Net)
Keindahan curug munding yang berada di desa Cicaringin, kecamatan Gunung kencana Kabupaten Lebak. (Foto:Net)

Sayang Untuk Dilewatkan! Begini Keindahan 11 Curug Yang Wajib Kamu Kunjungi di Banten

TOPmedia – Banten merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang letaknya berada di Pulau Jawa. Perlu kalian ketahui bahwa Provinsi Banten ini memiliki keindahan serta pesona wisata alam yang memukau yang mana wajib kamu kunjungi. Tidak hanya objek wisata yang penuh dengan wahana bermainnya serta wisata pantai nya, Banten juga memiliki wisata yang keindahan alamnya begitu indah yang berupa air terjun atau curug.

Nah bagi kamu yang ingin menikmati keindahan – keindahan dalam curug atau air terjun di Banten ini, maka berikut ini saya akan membagikan daftar tempat – tempat curug di Banten yang diantaranya :

1. Curug Munding

Objek wisata alam di Banten yang berupa Curug pertama adalah Curug Munding. Curug Munding merupakan air terjun yang lokasinya berada  di desa Cicaringin, kecamatan Gunung kencana.  Curug Munding ini merupakan curug atau air terjun yang masih alami dan asri, maka jangan heran klo tempat yang satu ini tidak diketahui banyak orang. Ketika kamu berkunjung ke Curug Munding ini, maka kamu dapat menikmati keindahan serta pesona yang dapat memanjakan mata. Untuk dapat memasuki Curug Munding ini, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp.3.000 per orang.

2. Curug Ciporolak

Objek wisata alam di Banten yang berupa Curug adalah Curug Ciporolak. Curug Ciporolak ini cukup tersembunyi dan berada jauh dari pusat kebisingan kota. Curug Ciporolak ini memiliki ketinggian 35 meter selain itu air curug di tempat ini juga begitu segar dan dingin. Selain itu juga air di Curug Ciporolak ini begitu jernih dan suhu nya mencapai 15 derajat celcius.

Untuk lokasi tepatnya berada di desa Hegarmanah atau Lebakpicung, kecamatan Cibeber, kabupaten Lebak. Jika kamu ingin mengunjungi Curug Ciporolak ini, ada beberapa rute yang dapat kamu lewati untuk mencapai Curug Ciporolak ini.

3. Curug Kumpay

Objek wisata alam di Banten yang berupa Curug selanjutnya yaitu Curug Kumpay. Curug Kumpay ini lokasinya berada di dalam hutan jadi wajar saja banyak orang tidak mengetahui air terjun yang satu ini. Didalam perjalanan ketika kamu mengunjungi tempat ini, kamu akan disuguhkan dengan perjalanan – perjalanan yang mengasyikan. Di perjalanan kamu akan menemukan sebuah turunan yang curam. Curug Kumpay ini berlokasikan di Kampung Kumpay, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

4. Curug Kanteh

Tempat air terjun atau curug di Banten yang memukau yang wajib kamu kunjungi adalah Curug Kanteh. Curug Kanteh ini memiliki ketinggian mencapai 80 meter. Nah jika kamu ingin mengunjungi Curug Kanteh ini, maka kamu harus mempunyai fisik yang siap, karena perjalanan untuk mencapai tempat yang satu ini bisa dikatakan memiliki medan yang berat. Namun terlepas dari itu, Curug Kanteh ini memiliki keindahan serta pesona yang akan membayar perjuanganmu ketika dalam perjalanan.

Curug Kanteh ini lokasinya berada di wilayah desa Cikatomas, kecamatan Cilograng yang berjarak sekitar 149 kilometer dari pusat kabupaten.

5. Curug Cihear

Curug yang satu ini juga wajib kamu kunjungi yaitu Curug Cihear. Curug Cihear ini merupakan curug yang begitu memukau serta memanjakan mata yang mana lokasinya berada di Lebaksitu, Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten. Nah bagi kamu yang ingin spot foto yang indah, maka tempat ini cocok untuk itu. Curug Cihear ini memiliki ketinggian mencapai 25 meter. Untuk dapat mencapai Curug Cihear ini, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam lamanya dari Desa.

6. Curug Kebo

Curug Kebo merupakan sebuah air terjun lainnya yang memukau di Banten yang mana tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Di Curug Kebo ini kamu dapat melakukan aktivitas seperti berenang. Curug Kebo ini memiliki ketinggian yang bisa dikatakan tidak terlalu tinggi yaitu hanya sekitar 5 sampai 7 meter saja. Curug Kebo berlokasikan  di desa Sumberwaras, kecamatan Malingping, kabupaten Lebak.

7. Curug Cimayang

Nah Curug yang memukau yang satu ini merupakan curug yang paling terkenal atau ramai dikunjungi yaitu Curug Cimayang. Tapi meskipun begitu, untuk dapat mencapai Curug Cimayang ini ternyata tidak lah mudah, alias kamu harus melakukan perjalanan yang begitu berat. Curug Cimayang ini berlokasikan di desa Cimayang, kecamatan Bojong Manik. Ketika kamu berkunjung ke Curug Cimayang ini, maka kamu akan disuguhkan dengan suasana yang begitu sejuk dan juga pemandangan indah nan hijau.

8. Curug Cipicung

Curug tersembunyi lainnya di Banten yang begitu memukau yaitu Curug Cipicung. Nah jika kamu ingin mengunjungi sebuah curug atau air terjun yang aksesnya bisa dikatakan mudah, maka Curug Cipicung ini lah yang pas untuk itu.  Curug yang lokasinya berada di desa Sukaresmi atau tepat berada di kawasan Gunung Cipicung ini memiliki debit air yang kecil atau tidak terlalu deras, akan tetapi ketinggian nya cukup tinggi. Dibawahnya terdapat kolam yang mana dapat kamu gunakan untuk bermain atau foto- foto.

9. Curug Cibangkit

Curug yang memukau yang satu ini merupakan curug atau air terjun yang benar-benar masih tersembunyi. Curug Cibangkit ini lokasinya berada di desa Maja, kecamatan Sobang. Jika kamu mengunjungi Curug Cibangkit ini, maka kamu akan melihat bahwa curug ini terdiri dari beberapa tingkat dengan ketinggian berbeda dan bagian dasarnya dipenuhi bebatuan yang besar.

10. Curug Sata

Curug Sata ini juga merupakan curug atau air terjun yang mana namanya juga kurang diketahui banyak orang.  Curug Sata ini memiliki pesona serta keindahan yang alami dan asri yang mana belum tersentuh tangan tangan manusia. Curug Sata ini lokasinya berada di Gunung Kencana. Ketika kamu mengunjungi Curug Sata ini, maka kamu akan melihat debit airnya yang tinggi dan bersih akan tetapi ketinggian yang di miliki curug ini tidak terlalu tinggi.

11. Curug Cikeris

Curug yang terakhir yang memukau di Banten yang wajib kamu kunjungi adalah Curug Cikeris. Curug yang letaknya berada di kecamatan Cipanas atau tepatnya di Girilaya, Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten ini memang belum diketahui banyak orang . Nah jika kamu mengunjungi Curug cikeris ini, maka kamu akan disuguhkan dengan suasana yang damai dan sejuk. Selain itu juga kamu dapat melihat debit air di Curug Cikeris ini begitu tinggi.(RED)

 

 

Sumber: pariwisataku.com

berita terkait

Komentar