Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Dr. Arriadna.*
Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Dr. Arriadna.*

Satu Calon Jemaah Haji Asal Cilegon Gagal Berangkat

CILEGON, TOPmedia - Menteri kesehatan mengeluarkan aturan baru terkait pemeriksaan kesehatan bagi calon jamaah haji yang akan diberangkatkan ibadah haji ke tanah suci, Mekkah. Yakni melarang calon jemaah haji untuk berangkat ke tanah suci apabila sedang menjalani cuci darah rutin.

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Dr. Arriadna, dalam aturan baru yang dikeluarkan menteri kesehatan yang merujuk pada permenkes No.15 Tahun 2016 tentang kesehatan calon jemaah haji  terdapat satu peraturan baru, dimana calon jamaah haji yg menjalani cuci darah tidak bisa diizinkan untuk berangkat haji.

"Sekarang ada peraturan baru dari menteri kesehatan, bagi calon jemaah haji yang terkena gangguan ginjal dan sedang dalam menjalankan cuci darah itu dilarang berangkat tahun ini," kata Arriadna, Rabu (10/08/16).

Dari 617 calon jemaah haji yang berangkat tahun ini dari Cilegon, ada satu orang yang positif sedang menjalani cuci darah rutin, sehingga tidak memenuhi persyaratan dalam tes kesehatan.

"Kami menemukan satu orang calon jemaah haji yang positif sedang menjalani proses cuci darah, dan berdasarkan aturan Permenkes, pasien tersebut tidak boleh diizinkan berangkat haji. Namanya kami harus rahasiakan," kata Arriadna. (S.H/red)

berita terkait

Komentar