Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

Satu Calhaj Pengguna Paspor Ilegal Filipina Warga Kota Serang

SERANG, TOPmedia - Dari 177 calon jamaah Haji ilegal pengguna paspor palsu Filipina yang tertangkap petugas imigrasi Filipina saat akan bertolak ke tanah suci Makkah, diketahui salah satunya adalah warga Kota Serang, Banten.

Calon jamaah haji tersebut bernama Saymsudin, Warga Pangampelan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang  Hal itu dibenarkan oleh Siti Maryam, yang tak lain adalah keponakan Syamsudin. Ia mengetahui bahwa pamannya tertangkap di Filipina lantaran menggunakan paspor ilegal tersebut dari salah satu stasiun televisi.

"Saya taunya dari TV mas. Waktu itu lagi rame-ramenya berita haji ilegal saya suka nonton, eh pas saya lihat ada paman saya yang tersorot kamera pas mau dibawa ke KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia, red) di Filipina," jelas Siti kepada awak media, Minggu (28/8/2016)

Saat ditanya mengenai bagaimana pamannya bisa melakukan pendaftaran haji secara ilegal mengunakan paspor Filipina, ia mengatakan tidak mengetahuinya.

"Kalo pendaftarannya dimana saya ngga tau mas, saya taunya hanya pas pada saat paman cerita bahwa berangkat hajinya bayar Rp125 juta," jelasnya.

Hingga sampai saat ini, keluarga Syamsudin belum menerima kabar dari Kedutaan Besar Indonesia mengenai kondisi Syamsudin di Filipina. (Gilang/Red)

berita terkait

Komentar