Ratusan botol Minuman Keras saat dimusnahkan oleh petugas Satpol PP Pandeglang
Ratusan botol Minuman Keras saat dimusnahkan oleh petugas Satpol PP Pandeglang

Satpol PP Pandeglang Musnahkan Ratusan Botol Miras Hasil Razia

PANDEGLANG, TOPmedia - Sekitar 300 botol minuman keras (miras) berbagai merk, Kamis (01/04/2021) dimusnahkan di halaman Pendopo Pandeglang. Pemusnahaan barang haram itu hasil dari razia yang dilakukan Satpol PP Pandeglang dalam setahun terakhir.
 
"Kami Satpol PP tugasnya melakukan tribumtranmas (ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, red), salah satunya penyakit masyarakat yaitu pengguna miras. Sebanyak 349 botol yang dimusnahkan dari berbagai jenis. Kami dapatkan kebanyakan sisa putusan pengadilan tahun 2019 dan operasi pekat hingga 2021," ujar Kepala Satpol PP Pandeglang, Entus Bakti usai acara pemusnahan miras.
 
Pria yang hobi menggeber motor trail ini menjelaskan, barang bukti miras yang dimusnahkan bukan hanya pengembangan dari pedagang, melainkan dari pengguna yang terjaring saat razia. 
 
"Makanya ada yang isinya setengah dan ada pula yang kosong itu kita ambil saat razia karena sebagai barang bukti," imbuhnya.
 
Menurutnya upaya pengendalian saja tidak cukup, Entus berharap masyarakat dapat mentaati aturan yang telah dibuat dalam bentuk Peraturan Daerah Nomor: 12 Tahun 2007 tentang larangan terhadap miras yang kadarnya di atas lima persen. 
 
"Kami mengajak kepada masyarakat jika ada aturan yang melarang hendaknya dapat ditaati, karena tujuannya agar kedepan lebih baik di antaranya menata ketentraman di masyarakat," tandasnya.
 
Lebih lanjut dia menerangkan, razia yang dilakukan memang sangat intens, namun kebanyakan yang terjaring sekitar wilayah perkotaan. "Hasil dari razia mayoritas kadar alkoholnya di atas 17 persen," sambungnya.
 
Sementara, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Pandeglang, Pery Hasanudin mengapresiasi kinerja yang dilakukan Satpol PP Pandeglang dalam melakukan penegakan perda.
 
"Saya ucapkan terimakasih kepada Satpol PP dalam penegakan ketertiban di masyarakat, segala bentuk minuman keras tidak diperkenankan di Pandeglang sesuai ketentuan perda," ungkap pejabat eselon IIA yang pernah menjabat Kepala Satpol PP ini.(Ari/TOPmedia)

Baca Juga

berita terkait

Komentar