Budi Gunawan dilantik jadi kepala BIN oleh Presiden Jokowi. (Foto: Net)
Budi Gunawan dilantik jadi kepala BIN oleh Presiden Jokowi. (Foto: Net)

Sah, Budi Gunawan Jabat Kepala BIN

JAKARTA, TOPmedia - Budi Gunawan resmi menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Pelatikan dilakukan sore ini di Istana Negara oleh Presiden Jokowi.

Tak hanya menjadi Kepala BIN saja, Budi Gunawan juga mendapat satu bintang di pundaknya. Budi Gunawan kini resmi menjadi Jenderal. Dalam kesempatan tersebut, hadir para petinggi Polri dan jajaran menteri kabinet kerja.

Diantara tamu undangan, tampak hadir pula Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri. Sementara itu, melalui keputusan Presiden RI Nomor 102/P/2016 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala BIN, Sutiyoso resmi berhenti dan digantikan Budi Gunawan.

"Mengangkat Budi Gunawan sebagai Kepala BIN dan kepada yang bersangkutan diberikan hak keuangan administrasi dan fasilitas lainnya," demikian bunyi surat keputusan yang dibacakan di Istana Negara, Jumat (9/9/2016).

Pelantikan Budi Gunawan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) diketahui telah didahului oleh uji kepatutan dan kelayakan di DPR Rabu 7 September 2016. Lolosnya Budi Gunawan dalam fit and proper test disahkan dalam rapat paripurna DPR kemarin, Kamis 8 September 2016, dan langsung dilanjutkan dengan pelatikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

 

berita terkait

Komentar