Sosialisasi Pemilu 2019 kepada penyandang disabilitas di Sekolah Khusus (SKH) Samantha, Kota Serang. (Foto: TOPmedia)
Sosialisasi Pemilu 2019 kepada penyandang disabilitas di Sekolah Khusus (SKH) Samantha, Kota Serang. (Foto: TOPmedia)

Ratusan Penyandang Disabilitas di Kota Serang Belum Miliki e-KTP

SERANG, TOPmedia - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang menemukan masih banyak penyandang disabilitas yang belum memiliki e-KTP dan tidak terdaftar pada Pemilu 2019 mendatang.

Temuan tersebut diketahui  pada sosialisasi Pemilu 2019 kepada penyandang disabilitas di Sekolah Khusus (SKH) Samantha, Kota Serang, Kamis (7/2/2019).

Dikatakan Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran, saat ini data yang ada di KPU Kota Serang penyandang disabilitas sebanyak 309 dengan rincian Tuna netra 72, Tuna rungu 63, Tuna daksa 76, Tuna grahita 48 dan lainnya sebanyak 50.

Ade menuturkan, Disabilitas ini mempunyai hak sama untuk memilih dan dipilih. Namun saat ini di Kota berjuluk Madani ini masih banyak Disabilitas yang belum memiliki e-KTP.

"Hampir 99 persen anak yang hadir di sini (SKH Samantha - red) belum memiliki e-KTP baru hanya dua orang yang memiliki, padahal usianya sudah 17 tahun keatas," katanya.

Dirinya menegaskan, dalam waktu dekat ini, KPU akan berkoordinasi dengan Disdukcapil. Terkait hal ini apakah nanti KPU akan mendatangi Disdukcapil atau Disdukcapil mendatangani sekolah melakukan perekaman khusus kepada penyandang disabilitas.

"Kita juga sudah berbicara dengan ketua IPDI untuk mendata terlebih dahulu, setelah lengkap kita akan koordinasi dengan Disdukcapil, karena tidak mungkin dengan keterbatasan fisik perekaman dilakukan serentak," ujarnya.

Dikatakan Ade, hasil berdiskusi dengan Ketua IPDI di Kota Serang ini jumlah penyandang disabilitas mencapai ratusan yang belum memiliki e-KTP.

"Ini menjadi persoalan bersama, ternyata masih ada teman-teman kita yang belum memiliki e-KTP sehingga mereka kesulitan kalau tidak punya E-KTP pada saat memilih nant," tandasnya. (Kie/Red)

berita terkait

Komentar