Wakil Ketua DPRD Banten, Nawa Said Dimyati
Wakil Ketua DPRD Banten, Nawa Said Dimyati

Raperda Zonasi Pulau Terpencil dan Pesisir Pantai Provinsi Banten Siap Diparipurnakan Pekan Ini

SERANG,TOPmedia – Setelah tertunda diparipurnakan pada tahun 2020, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Banten rencananya akan kembali disahkan tahun 2021 ini.

Targetnya, pada Perda tersebut Pemprov Banten akan melakukan penataan dan pengelolaan diwilayah sepanjang  0 hingga 12 mil kearah pantai dalam mendukung kepentingan publik.

Demikian hal itu dikatakan Wakil Ketua DPRD Banten, Nawa Said Dimyati, setelah melalui persama antara pihak eksekutif dan legislatif, Raperda RZWP3K akan segera diparipurnakan pekan ini, Kamis (7/1/2021).

"Gubernur sebelumnya ngusulin sempat ditunda. Dan setelah dilakukan rapat, Gubernur sepakat dan kita pilih tanggal tujuh (Paripurna)," terang Nawa, Selasa (5/1/2021).

Dirinya tidak menampik jika ada pihak-pihak pro dan kontra terhadap Raperda tersebut.

"Ya namanya keputusan politik, bisa jadi ada yang pro dan yang kontra, kalau iklim demokrasi ya tidak ada masalah," katanya, seraya menambahkan, apabila ada pihak-pihak yang berkeberatan, agar bisa melakukan penolakan sesuai institusi.

Meski begitu, pihaknya memastikan setelah disahkannya Raperda RZWP3K ini menjadi Perda, diyakini akan memberikan dampak positif  kepada publik, tidak hanya soal Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang  akan mengalami peningkatan.  

Namun juga akan memberikan jaminan kepada masyarakat, khususnya nelayan yang ada  diwilayah pesisir pantai agar hidupnya bisa meningkat, setelah disahkannya perda tersebut.

"Tidak hanya soal PAD, memberikan jaminan kepada masyarakat nelayan dan dikawasan pesisir agar bisa meningkat, setelah disahkannya Perda, selain ekosistem kita juga akan terjaga," katanya. (Den/Red)

 

berita terkait

Komentar