Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian saat mengunjungi Kota Manado. (Foto : Topmedia)
Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian saat mengunjungi Kota Manado. (Foto : Topmedia)

Raih Banyak Penghargaan, Wali Kota Cilegon Belajar Program Big Data ke Kota Manado

CILEGON, TOPmedia –  Wali kota Cilegon, Helldy Agustian mengaku akan mempelajari program yang sudah berjalan di Kota Manado. Hal itu disampaikan saat melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, pada Kamis (18/11/2021).

"Kedatangan kami kesini, yang pertama itu dalam rangka Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang rencananya akan dibuka oleh Wakil Presiden RI besok, jadi kami ingin sekalian mempelajari terkait Kesbangpol disini. Manado ini memiliki berbagai macam etnis, sehingga kami tertarik untuk mempelajarinya," ungkap Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, Kamis (18/11/2021).

Selain terkait FKUB. Helldy menjelaskan, dirinya ingin mempelajari program BIG DATA di Manado. Pasalnya, integritas data berbasis GIS (Geographic Information System) punya peran penting dimasa depan. Lanjut Helldy, seluruh data telah dituangkan dalam satu peta digital.

"Saya lihat di Manado ini telah dilakukan integrasi dan program ini sudah berjalan dengan baik. Selain itu, tadi juga ada Command Centre yang sudah berjalan dengan sangat baik, bahkan Call Centre 112 Manado mendapatkan Gold Medal sebagai Call Centre terbaik tingkat Dunia selama 3 tahun berturut-turut, 2018 di  Praha, kemudian 2019 di Phuket lalu di Barcelona, jadi kami ingin menerapkan hal yang sama juga di Cilegon", terang Politisi Partai Beringin Karya (Berkarya).

"Rencana kami ingin mengembangkan Program Big Data berbasis GIS di Kota Cilegon," imbuh Helldy.

Lebih lanjut, Helldy mengatakan bahwa yang utama juga dirinya ingin belajar terkait pendapatan daerah. 

"Manado ini ga ada pabrik, ga ada pendapatan yang skalanya besar, tapi kesejahteraan buat masyarakatnya sangat luar biasa, termasuk juga anggaran untuk pembangunan lingkungan dialokasikan sebesesar 200jt per lingkungan untuk 504 Lingkungan yg ada di Kota Manado, ini sangat luar biasa dan patut ditiru," pungkasnya.

Sebagai informasi, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian didampingi Asda II, Dikrie Maulawardana, Kepala Dinas Perhubungan, Andi Afandi, Kepala Kesbangpol, Buchori, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Heri Mardiana, Staf Ahli Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Ahmad Aziz Setia Ade Putra saat mengunjungi Pemerintah Kota Manado dalam rangka sharing program yang dimiliki Kota Manado, kemudian kunjungan tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler CS Lakat di Aula Kantor Wali Kota Manado.(Firasat/Red)

berita terkait

Komentar