Pesawat Terbang Lion Air (foto: net)
Pesawat Terbang Lion Air (foto: net)

"Delay" 5 Jam, Menhub Budi akan Panggil Pihak Lion Air

JAKARTA,TOPmedia - Akibat sering melakukan delay (keterlambatan terbang), maskapai penerbangan swasta Lion Air akan segera diminta klarifikasi oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya. Kemungkinan Kemenhub akan memberikan sanksi terhadap Lion Air sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 89 tahun 2015 yang berisikan tentang manejemen delay.

"Besok pak menteri akan panggil manajemen Lion Air jam 10 WIB. Untuk meminta klarifikasi keterlambatan penerbangan," ujar  Kadiv Humas Kementerian Perhubungan Hemmi Pramurahajo di Kemenhub, Senin (1/8/2016).

"Karena alasan dia delay adalah dikarenakan bandara  Juanda ditutup jam 10 karena overlay, maka pak menteri  sudah perpanjang waktu buka bandara juanda hingga 24.00," sambungnya.

Untuk itu, Hemmi menjelaskan, Kemenhub akan memberikan sanksi terhadap Lion Air sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 89 tahun 2015 yang berisikan tentang manejemen delay.

Lebih lanjut, Terkait kompensansi, Ia menegaskan sanksi yang sebelumnya diberikan pada lion air mengenai tidak bolehnya manambah rute penerbangan tetap berlaku.

"Sanksi yang pernah ada di lion air masih berlaku. Tidak boleh tambah rute,"ucapnya.

Perlu diketahui, kemarin maskapai penerbangan LION mengalami delay ke beberapa tempat tujuan seperti Lombok, Bengkulu ,Surabaya dan Banjarmasin yang mengakibatkan ratusan penumpang terlantar di bandara Soekarno Hatta hingga Senin (01/08/2016) pagi tadi. (landy/red)

berita terkait

Komentar