Puluhan Atlet Unjuk Gigi di Kejurda Gateball IV Provinsi Banten

SERANG, TOPmedia – Puluhan atlet gateball dari delapan Pengurus cabang (Pengcab) Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) unjuk gigi pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Gateball IV Provinsi Banten di lapangan Stadion Heroik Grup I Kopassus, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Minggu (15/12/2019). 

Ketua umum Pergatsi Banten M. Hanan Rahmadi mengatakan tujuan kejurda ini mengasah kemampuan atlet sekaligus menjaring bibit-bibit unggul dari cabor gateball. Kemudian sebagai bentuk promosi olahraga yang belum populer di kalangan masyarakat. 

“Ini sebagai ajang silaturahmi dan sosialisasi dan mengembangkan potensi atlet sekaligus memantau kemampuan atlet,” ujar Hanan, kepada Banten Raya, setelah acara pembukaan.  

Ia berharap seluruh pengurus gateball kota dan kabupaten di Banten dapat bersinergi untuk mengembangkan olahraga gateball. Selain itu, para pengurus giat mencari atlet-atlet yang potensial untuk mewakili Banten pada kejurnas yang akan datang.

“Harapan kita dari kejurda ini adalah membangun mentalitas atlet. Sehingga atlet gateball Banten kedepan lebih baik dan berjaya lagi,” ucap dia. 

Hanan menyebutkan, nomor yang dipertandingkan adalah nomor beregu campuran, nomor triple campuran, dan nomor ganda campuran.

“Tiga nomor ini adalah yang dipertandingkan di kejurnas,” sebutnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum (Sekum) KONI Banten Sutaryono sangat mendukung Kejurda Gateball dilaksanakan. Menurutnya, single event tersebut merupakan sarana pembinaan bagi atlet-atlet Banten yang akan dipersiapkan untuk berlaga di kancah nasional. 

“Jadi ini sangat penting untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kemampuan atlet-atlet Banten, mulai dari teknik, mental, dan fisiknya,” ujar Sutaryono.

Ia juga mendorong kepada Pengprov Pergatsi untuk segera lakukan pengesahan di seluruh kabupaten kota yang kepengurusannya belum berjalan. Hal itu dilakukan agar pembinaan atlet gateball tidak hanya terfokus pada beberapa wilayah saja.

“Makanya tadi saya sampaikan agar gateball segera disosialisasikan kembali, terutama kabupaten kota yang belum punya pengurus. Segera itu dibentuk karena dengan adanya pengurus ini akan mencari atlet dan mempunyai atlet. Apalagi regulasi terbaru untuk Porprov VI 2022 minimalnya satu cabor diikuti oleh lima kabupaten kota,” jelas dia. 

Hampir serupa dilontarkan Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga Dispora Banten, Junaedi. Pihaknya siap mensuport kegiatan olahraga di Provinsi Banten. “Karena melalui prestasi olahraga nama Banten harum di kancah nasional,” kata Junaedi. (TM1/Red)

berita terkait

Komentar