Pulo Merak Kecil dan Pulo Merak Besar di Kota Cilegon.*
Pulo Merak Kecil dan Pulo Merak Besar di Kota Cilegon.*

Pulo Merak Kecil dan Besar, Alternatif Wisatawan Selain Pantai Anyer

TOPmedia - Dua buah pulau kosong di perairan Selat Sunda, menjadi kawasan wisata alternatif bagi masyarakat lokal Banten. Nama kedua pulau kosong itu adalah Pulo Merak Kecil dan Pulo Merak Besar.

Kedua nya bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga saat Anda lelah dengan kemacetan di wilayah Anyer, Carita, ataupun jauh dan rusaknya jalanan menuju Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak, Banten.

Dari Jakarta, Anda bisa keluar Gerbang Tol Merak, lalu Anda mengambil jalan Cikuasa Bawah. Saat Anda sampai di Kantor Polsek Pulomerak, Anda bisa masuk melalui pintu gerbang samping dengan tanda bertuliskan 'Pantai Mabak'. Anda dapat dengan mudah menjumpai nelayan yang menyewakan perahu nya untuk mengantarkan anda ke Pulo Merak Kecil dengan biaya sewa perahu Rp10 ribu dan ke Pulo Merak Besar Rp20 ribu per orang nya, untuk ongkos antar jemput.

"Disini ongkos nya Rp10 ribu. Kalau mau jemput, tinggal telphone saja, nanti di jemput," kata Mang Oji, salah satu nelayan saat mengantarkan wisatawan menuju Pulo Merak Kecil, Minggu (14/8/2016).

Perjalanan ke Pulo Merak Kecil hanya sekitar 5 menit saja. Sedangkan menuju Pulo Merak Besar memakan waktu sekitar 15 menit perjalanan di atas perahu.

Dari bibir pantai kedua pulau kosong itu, wisatawan bisa melihat luas nya lautan Selat Sunda dan aktifitas penyebrangan di Pelabuhan Merak.

"Kalau ke Pulo Merak Besar, biasanya Rp20 ribu satu orang. Sama saja anter jemput," ucapnya.

Namun bagi wisatawan, jangan harap Anda bisa menemukan tempat penginapan ataupun listrik di kedua pulau kosong tersebut. Karena pulau tersebut masih asri dan tanpa penghuni. Sehingga pengunjung diharapkan membawa bekal makanan sendiri dan dilarang membuang sampah sembarangan.

"Enakan kesini, ke Anyer kan pasti rame terus macet. Disini masih bening airnya, enggak sumpek juga," kata Suja'i, warga Desa Kebondalem, Kota Cilegon.

Pulo Merak Kecil sendiri memiliki luas 4,6 hektar dengan pasir puti berkarang, ombak pun nampak tenang. Sehingga wisatawan bisa bermain air dengan tenang di pulau yang masuk ke dalam Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak.

 

 

 

Sumber: www.okezone.com

berita terkait

Komentar