Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Foto: Net)
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Foto: Net)

Polri akan "Sikat" Kartel Komoditas Pangan yang Nakal

JAKARTA, TOPmedia - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian, mengancam akan memidanakan kartel komoditas pangan yang terbukti berbuat curang dengan memainkan harga.

"Kartel-kartel akan kami awasi dan monitor, kami juga melakukan penegakan hukum bagi kartel yang memainkan harga," ujarnya di Mabes Polri, Jakarta, Senin (8/8/2016).

Dia melanjutkan, Polri bersama Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian telah menyepakati sejumlah langkah untuk menjaga inflasi demi terwujudnya iklim persaingan yang sehat di tanah air.

"Kami juga akan mengawal distribusi dan ketersediaannya," katanya.

Tidak hanya itu, Polri juga akan menangani penyelundupan komoditas pangan yang terjadi di kawasan Indonesia timur. Polri akan mendukung upaya BKPM untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik, termasuk memberikan jaminan keamanan bagi investor yang ingin menanamkan modal dan berusaha di Indonesia.

"Kita juga akan siap membantu dalam kegiatan operasi pasar. Kita akan amankan, sudah saya instruksikan seluruh jajaran untuk membantu agar operasi pasar berlangsung tidak boleh menghalang-halangi, kalau ada kita akan proses hukum," tegasnya. (Landy/red)

berita terkait

Komentar