Ilustrasi *
Ilustrasi *

Pola Tidur Tidak Sehat Bisa Ganggu Kesehatan Fisik & Mental Saat Puasa

TOPmedia - Kebanyakan orang menjadikan bulan Ramadhan sebagai momen untuk berkumpul dengan keluarga, kerabat, dan koleganya. Tanpa disadari banyaknya agenda tersebut membuat seseorang cenderung tetap terjaga hingga larut malam. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan pola tidur terganggu

Tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental seseorang. Ketika puasa Ramadhan berlangsung rata-rata 14 jam, sangat penting untuk menjaga siklus tidur yang teratur dan sehat. Menjaga pola tidur sangat memengaruhi aktivitas setiap hari agar Ramadhan tak dibayangi rasa khawatir jatuh sakit dan lemas.

Menurut ahli tidur yang merupakan pendiri kasur Whisper bed-in-box, Dominik Zunkovic, tidur yang terganggu dapat menyebabkan kantuk di siang hari. Selain itu pola tidur yang buruk dapat menimbulkan sakit kepala, masalah perilaku, dan berkurangnya fungsi kognitif. Dominik juga menjelaskan kurang tidur membuat seseorang mendambakan makanan bergula dan berlemak yang tidak sehat.

Seperti halnya pola makan yang sehat, memprioritaskan kebiasaan tidur yang baik selama bulan Ramadhan sangat penting untuk menjaga keseimbangan kesehatan yang baik. Menjaga pola tidur yang baik akan membuat kita semakin mudah menahan lapar dan kelelahan selama bulan Ramadahan.

"Selain itu, mempertahankan pola tidur teratur selama bulan suci adalah langkah kunci untuk menyesuaikan kembali aktivitas pascaRamadhan,” kata Dominik dikutip dari Esquire Middle East.

Untuk menjaga kualitas dan kuantitas tidur, ia merekomendasikan agar lingkungan tidur seseorang tetap tenang dan gelap. Menurutnya, menggunakan penutup telinga dan mata juga akan membuat seseorang  semakin nyenyak tidur.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting yang perlu diperhatikan adalah kasur. Kasur yang baik adalah salah satu aspek terpenting untuk mencapai dosis tidur yang sehat.

“Kasur dan bantal yang memberikan tekanan yang tepat untuk punggung, leher, dan persendian Anda serta tidak menyebabkan sakt saat dipakai adalah hal yang Anda butuhkan untuk memastikan kualitas tidur,” kata Dominik.(Red)

 

 

 

Sumber: republika.co.id

berita terkait

Komentar