Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi.
Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi.

Pilkada Serentak 2020, KPU Kota Cilegon Butuh PPK Berintegritas

CILEGON, TOPmedia - Sebanyak 77 peserta calon  panitia pemilihan kecamatan (PPK) akan mengikuti tes wawancara, yang akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon, besok Sabtu (8/2/2020).

"Besok KPU akan melakukan tes wawancara kepada 77 peserta, yang berlangsung selama dua hari, wawancara ini bukan hanya soal pengalaman dan pemahaman tentang kepemiluan, melainkan juga terkait integritas dan rekam jejak yang bersangkutan," ujar Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi, ditemui di kantornya, Jumat (7/2/2020).

Irfan mengatakan, setelah selesai tes wawancara pihaknya akan menunggu tanggapan dan masukan dari masyarkat, termasuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon, tekait personality para calon PPK tersebut dan untuk pengemuman sekaligus pelantikannya akan digelar di akhir Februari.

"Dari 77 peserta tersebut, setelah mengikuti tes wawancara akan mengerucut menjadi 40, karena masing-masing kecamatan ada 5 anggota PPK. Hasilnya akan diumumkan menjelang 29 Februari, karena di tanggal itu pelantikannya, dan mereka akan mulai bekerja di 1 Maret 2020," katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, Irfan juga kembali menegaskan atas isu yang beredar bahwa ada titipan tersebut adalah tidak benar. "Tidak boleh ada titipan, semua boleh merekomendasikan tapi penilaian tetepkan dilakukan oleh KPU dan kami berupaya memberikan penilaian secara obyektif," katanya.

Ia juga menambahkan, jika dirinya menunggu tanggapan dari masyarakat terhadap para calon PPK, yang akan ditetapkan oleh KPU. "Masyarakat boleh menyampaikan informasi terkait para calon PPK ke KPU," tandasnya. (Ika/Red)

berita terkait

Komentar