Piala Eropa 2016: Italia vs Jerman, Tim Panser Punya Kutukan Lawan Azzurri

TOPmedia - Jadwal Italia vs Jerman di babak 8 besar Euro 2016 akan digelar pada Minggu (3/7) pukul 02.00 WIB. Tim panser boleh saja berstatus juara Piala Dunia 2014. Namun lawan yang dihadapi adalah Azzurri, yang sering menggagalkan mimpi mereka di turnamen resmi. Apakah Jerman akan menyusul Spanyol sebagai korban Italia?

Semua orang di Jerman belum melupakan kejadian di Piala Dunia 2006. Ketika itu Die Mannschaft tampil di kandang sendiri. Mereka bersua Italia di semifinal. Nyatanya, lebih diunggulkan, Jerman justru dilindas Azzurri dua gol tanpa balas. Di turnamen itu, Jerman harus puas menjadi peringkat ketiga.

Selang enam tahun kemudian, lawan yang sama dijumpai  di semifinal Euro 2012. Lagi-lagi Jerman takluk. Mimpi melawan Spanyol di partai puncak lepas begitu saja oleh aksi Mario Balotelli. Oleh karenanya, jika ingin membalas, tidak ada yang lebih pas daripada laga Minggu dini hari.

Joshua Kimmich, bek andalan timnas Jerman, sadar bahwa posisi timnya kali ini sejajar dengan Italia. Kepada situs resmi DFB, Kimmich menyebut, “Saya sepenuhnya paham, rekor head to head Jerman melawan Italia tidak terlalu positif.”

“Saya sendiri punya kenangan dari persuaan sebelumnya. Saya masih 11 tahun kala terjadi tragedi 2006. Laga tahun 2012 jelas lebih segar dalam ingatan. Tapi, dua laga itu tidak berarti apa-apa untuk pertandingan kali ini. Ada pemain berbeda di lapangan. Masa lalu tidak berpengaruh pada kekinian.”

Menurut Kimmich, Italia di Euro 2016 bukanlah tim yang melulu bertahan. Azzurri mengombinasikan kekuatan ofensif dan defensif sama baiknya. “Italai sudah menunjukkan tidak hanya kokoh di lini belakang. Di laga kontra Spanyol, mereka sangat sukses bermain keluar menyerang, secara reguler mendesak masuk dan menekan lawan. Kami harus mengatasi ini.”

Jika Jerman berhasil mengalahkan Italia di perempat final, lawan berat lain sudah menunggu di empat besar. Entah siapa pun, Prancis atau Islandia, jelas bukan lawan biasa untuk Die Mannschaft.

 

berita terkait

Komentar