Perayaan hari puncak Dies Natalis Mapancas (Foto : Istimewa)
Perayaan hari puncak Dies Natalis Mapancas (Foto : Istimewa)

Perkuat Konsolidasi, Mapancas Komitmen Bermanfaat Untuk Masyarakat

TANGERANG, TOPmedia - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Mahasiswa Pancasila (Mapancas), Pilar Saga Ichsan berkomitmen untuk memperkuat konsolidasi organisasi dan menanamkan semangat ideologi Pancasila. Mapancas juga siap melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi pemuda khususnya, umumnya bagi masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Pilar usai menggelar Dies Natalis Mapancas ke 63 di Kampus Universitas Pamulang (Unpam), Kota Tangerang Selatan, Jumat (5/11/2021). “Kami sedang perkuat konsolidasi, melantik pengurus-pengurus provinsi, hingga koordinator perguruan tinggi,” kata Pilar dalam keterangan tertulis, Minggu (7/11/2021).

Menurutnya, ideologi Pancasila harus diperkuat di kalangan pemuda dan mahasiswa. Kemudian bersama Mapancas bisa membuat kegiatan-kegiatan yang nyata di tengah-tengah masyarakat. “Kolaborasi bersama pemerintah pusat hingga daerah. Terutama saat ini, bersama menekan pandemi Covid-19. Kita sinergikan program untuk masyarakat di berbagai sektor,” ujarnya.

Perayaan hari puncak Dies Natalis Mapancas berlangsung meriah, tetapi penuh hidmat. Pada kesempatan itu, Mapancas memberikan penghargaan kepada pendirinya, yaitu Jenderal (Purn) AH Nasution yang diwakili oleh cucunya, Eka Trisni Edianti. Mengundang pula komika Vikri Rasta dan eks vokalis band Boomerang Roy Jeconiah.

Cucu Jenderal (Purn) AH Nasution, Eka Trisni Edianti mengapresiasi program dan kegiatan yang dilaksanakan Mapancas. "Saya bangga, terharu, juga seneng melihat milenial kegiatan Mapancas. Opa (menyebut kakeknya) pasti bangga juga. Saya berharap Mapancas dapat terus menanamkan nilai-nilai Pancasila untuk anak muda Indonesia. Saya yakin, kader Mapancas merupakan pemuda berintelektual yang berkontribusi nyata untuk pembangunan," ujarnya.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy sekaligus Dewan Penasehat Mapancas berpesan, agar metode peningkatan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan kewarganegaraan untuk generasi muda harus berorientasi pada karakter utama generasi milenial. Apalagi menurut survei, anak muda aktif di media sosial rata-rata 6 jam.

“Orientasi konsepnya yaitu creative, confidence, connected atau lebih dikenal dengan konsep 3C. Jadi harus memanfaatkan konten kreatif dan dipublikasikan di dunia digital,” ujarnya saat memberikan sambutan secara virtual.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, yang juga memberikan sambutan secara virtual menilai, Mapancas telah hadir mengisi pembangunan dengan nyata. Menurutnya, Mapancas harus terus mampu bereksistensi dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Bung Pilar sebagai Ketua Umum Mapancas telah membuktikan bahwa anak muda mampu berkontribusi nyata untuk Bangsa dan Negara. Selanjutnya, Mapancas harus terus turun ke masyarakat, bersama pemerintah menyelesaikan masalah-masalah Bangsa,” ujarnya.(Red)

berita terkait

Komentar