Ilustrasi tata ruang kota (ilus : Mediakonsumen)
Ilustrasi tata ruang kota (ilus : Mediakonsumen)

Pemprov Banten Diminta Segera Merevisi Perda RTRW

SERANG, TOPmedia - Anggota Komisi IV DPRD Banten Ali Nurdian A Gani meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk segera melakukan revisi terhadap Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Banten yang sebelumnya pernah ada.

Hal itu menyusul, saat ini keberadaan Tol Serang - Panimbang (Serpan) seksi 1 menuju wilayah Banten Selatan sudah mulai dioperasikan.

Melalui revisi Perda RTRW tersebut, sambung Ali Nurdin, diharapakan kedepan tata ruang pembangunan di Pemprov Banten bisa lebih terkoneksi lagi dan langsung terhubung dengan gerbang tol Serpan dalam mendongkrak perpecapatan pembangunan dan perekonomian masyarakat.

"Kalau perlu kita merubah tataruang setelah adanya tol ini (Serpan). Dibeberapa pintu misal, dibuat menjadi daerah pusat ekonomi," katanya.

Permintaan agar Perda RTRW bisa direvisi tersebut, sambung Ali Nurdin, dianggap memungkinkan, terakhir kali pernah dilakukan pada 2017 lalu, secara lima tahunan.

Pada sisi lain, sambung Ali Nurdin, saat ini Pemprov Banten tengah mengupayakan agar  pelimpahan aset berupa jalan milik Kabupaten dan kota bisa dikerjakan oleh Pemprov dalam mendongkrak pusat-pusat perekonomian masyarakat ditahun depan.

"Kemudian untuk memperlancar aksesibilitas, kemudian untuk mempermudah hasil pertanian, hasil kebun," katanya.

Meski begitu, untuk mewujudkan itu semua, masih kata Ali Nurdin, memerlukan proses, dianyaranya mekanisme pelimpahan aset jalan hingga penetapan SK dari Kemen PU, sebelum seluruh ruas jalan pelimpahan jalan-jalan dari Kabupaten/kota bisa dikerjakan oleh Pemprov Banten kedepan.(Den/Red)

berita terkait

Komentar